Raih Adipura Wali Kota Tomohon Imbau Selaraskan Pertumbuhan Ekonomi Hijau

TOMOHON, mejahijau.com – Usai raih Adipura, Wali Kota Tomohon imbau selaraskan pertumbuhan ekonomi hijau.

Penghargaan berupa Sertifikat Adipura atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau tahun 2022.

Sertifikat Adipura diterima langsung Wali Kota Tomohon Caroll Senduk yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Penganugerahan Adipura 2022 digelar bersama peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Auditorium Dr Sudjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/02/2023).

Diketahui, penilaian terhadap kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan di Kota Tomohon, terkait penilaian panitia Adipura bulan Oktober 2022.

Program Adipura bertujuan, mendorong pemimpin dan komitmen pemerintah membangun partisipasi masyarakat dalam menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau.

Bahkan, fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik.

Pelaksanaan program Adipura 2022 dilaksanakan pada 258 Kabupaten/Kota se Indonesia, atau 50,2 % dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Wali Kota Caroll Senduk padà kegiatan tersebut didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jean d’Arc Senduk-Karundeng.

Menurut Caroll,
Penghargaan tersebut hasil kerja keras masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon serta para pemangku kepentingan di kota itu.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak. Harapan dari hasil yang sudah dicapai akan ditingkatkan, agar kedepan Kota Tomohon memperoleh penghargaan Adipura Kencana,” kata Wali Kota Caroll Senduk.

Caroll Senduk mengajak masyarakat menjadikan hidup bersih dan hidup sehat menjadi “habit” atau kebiasaan sehari-hari.

Turut mendampingi Wali Kota Tomohon, Kadis Lingkungan Hidup Jhon Kapoh, Kabag Prokopim Christo Kalumata dan Kabid Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Retribusi Persampahan Denny Mangowal.(*jopa)