Lipang dan Marore Jadi Lokasi Karya Bakti dan Layanan Kesehatan Pemkab Sangihe

DESA LIPANG DAN MARORE menjadi lokasi karya bakti dan layanan kesehatan Pemkab Kepulauan Sangihe tanggal 23-24 Maret 2023.

Desa Lipang di Kecamatan Kendahe dan Desa Marore Kecamatan Marore, dipilih menjadi tempat kegiatan kerjasama Pemkab Kepulauan Sangihe dengan Forkopimda.

Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan mengatakan, pemerintah hadir di kampung Lipang dan Marore untuk mendengar persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat

Prioritas perhatian Pemkab Sangihe di wilayah perbatasan adalah masalah transportasi dan itu sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan RI.

“Semoga kita tidak menunggu lama dan segera ditindaklanjuti dengan penambahan armada kapal sabuk 109 dan sabuk 30 untuk melayani wilayah perbatasan,” kata Tamuntuan.

Pemkab Kepulauan Sangihe sedianya tetap mengupayakan keterbatasan teratasi lewat koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sangihe dengan Pemprov Sulut.

Bersama Forkopimda Kepulauan Sangihe, Penjabat dr Rinny Tamuntuan pertengahan komitmen NKRI warga di daerah perbatasan.

Terkait Ketahanan Pangan di Kecamatan Marore, Rinny Tamuntuan menjelaskan, harapan masyarakat tersedianya lumbung pangan.

Namun karena di Kampung Marore belum tersedia lahan untuk dibangunnya lumbung pangan, sehingga Pemprov Sulut bekerjasama dengan Pemerintah Pusat akan membangunnya di Desa Kawio.

Gelar penanaman pohon sebagai wujud peduli lingkungan hidup.

“Harapan masyarakat Desa Marore ada lumbung pangan. Kalau belum ada lahan, Pemkab Sangihe melalui Kapitalaung Marore dapat menggunakan ruangan di Kantor Desa untuk menampung pangan. Dan itu akan dibantu oleh Pemkab Sangihe dan Pemprov Sulut,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 200 bibit bakau kerja bakti masyarakat dua desa tersebut serta membersihkan rumah-rumah ibadah.

Selain itu juga dilakukan pembersihan pantai serta pengobatan gratis melalui pembagian kacamata serta sosialisasi tanggap bencana dan sosialisasi kebangsaan.

Kegiatan terlaksana kerjasama antara Pemkab Kepulauan Sangihe dengan Lanal Tahuna, TNI, Polri, serta warga Desa Lipang dan Desa Marore.

Turut Hadir Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Fransiscus Andi Silangen, Anggota DPRD Kabupaten Sangihe Deny Roy Tampi, Dinas Kesehatan Sulut, TAGANA Provinsi Sulut, serta OPD terkait.(adv)