Di Apel Korpri Wali Kota Tomohon Ingatkan Kode Etik PNS

TOMOHON, mejahijau.comDi apel Korpri Wali Kota Tomohon ingatkan kode etik PNS.

Apel pemerintah Kota Tomohon bulan Maret ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Wali Kota Tomohon, Jumat (17/03/2023).

Masna Pioh Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kota Tomohon, bertindak sebagai pembina apel Korpri Pemkot Tomohon.

Sambutan Wali Kota Tomohon dibacakan Asisten III Masna Pioh dikatakan satu tujuan Korpri memelihara dan meningkatkan mutu anggota dalam bertugas.

Korpri terus membina watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan, mewujudkan kerjasama dan jiwa pengabdian kepada masyarakat.

Korpri juga memupuk rasa tanggungjawab dan daya cipta yang dinamis serta mengembangkan rasa kesetiaan terhadap negara.

“Apel KORPRI merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk pembinaan jiwa korps dan kode etik Pegawai Negeri Sipil,” tegas Masna.

Dan meningkatkan perjuangan, pengabdian, dan kesetiaan PNS kepada negara dan pemerintah berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sebagai anggota Korpri diharapkan mampu dan cakap menghadapi kemajuan teknologi dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dengan pelayanan prima.

“Karena itu, keberadaan korpri sebagai wadah unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat harus mampu menunjang pencapaian tugas pokok institusi,” jelasnya.

Selanjutnya, salah satu upaya Pemerintah Kota Tomohon menciptakan Tenaga Kontrak (Nakon) berkelas dan berkualitas berbasis kompetensi dan kinerja.

Hal ini penting dilakukan untuk menjamin kepastian penempatan tenaga kontrak sesuai kualifikasi pendidikan berdasarkan kompetensi jabatan yang dibutuhkan perangkat daerah.

Selain itu, guna tercapainya target dan sasaran, evaluasi kinerja setiap tenaga kontrak guna memastikan keberhasilan kegiatan.

“Sehingga keberadaan tenaga kontrak memberikan efek signifikan dalam pelayanan dan pembangunan masyarakat di Kota Tomohon,” paparnya.

Penyusunan tenaga kontrak dilingkup Pemkot Tomohon dilakukan dengan baik, guna terwujudnya kualitas tenaga kontrak yang kompeten, kredibel, dan berkinerja.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah yaitu
melakukan test/uji kompetensi terhadap setiap Nakon yang bertugas di kelurahan.

Bahkan, melakukan analisis kebutuhan di tiap Perangkat Daerah berdasarkan beban kerja dan menata kembali kebutuhan Nakon tiap perangkat daerah.

“Sebagai anggota Korpri kita wajib mensukseskan dan mendukung upaya tersebut, agar proses pelayanan kepada masyarakat menjadi optimal,” ungkapnya.

Lanjut Masna, kehadiran Nakon di tiap Kelurahan, maka pelayanan akan lebih cepat, responsif, akurat, dan terpadu.

Apel Korpri dilanjutkan dengan penyerahan SK Kenaikan Pangkat secara simbolis oleh Asisten III kepada para penerima.

Apel dihadiri oleh jajaran pemerintah Kota Tomohon, para PNS dan Nakon serta pegawai BUMD se-Kota Tomohon.(*jopa)