Dari 7.275 Desa Wisata se-Indonesia, Kakaskasen Dua Masuk Top 75 ADWI 2023

TOMOHON, mejahijau.com – Kakaskasen Dua masuk Top 75 ADWI 2023, dari 7.275 Desa Wisata se-Indonesia. Ini membuktikan visi-misi Caroll Senduk dan Wenny Lumentut “Menuju Tomohon Kota Wisata Dunia” benar-benar menjadi fakta.

Terbukti dari 7.275 Desa Wisata se-Indonesia, wilayah Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara masuk jajaran Top 75 Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan Kemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) tersebut, dilaksanakan sejak tahun 2021 melalui proses kurasi.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk melalui Kadis Pariwisata Judhistira Siwu menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia bertujuan menggerakkan ekonomi sektor pariwista dari Desa.

“ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia, dan ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Judhistira.

Lanjut dikatakan, Anugerah Desa Wisata 2023 diikuti 7.275 desa/kampung wisata dari seluruh pelosok Indonesia.

“Kakaskasen Dua, Tomohon Utara masuk Top 75 Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023,” ujar mantan Nyong Sulut ini.

Menurut Judhistira, lima (5) kategori penilaian yaitu daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian alam dan buatan seni dan budaya), Souvenir (kuliner-kriya-fashion). Homestay dan toilet, Digital dan kreatif, Kelembagaan dan desa wisata CSHE.

“Jadi, semua ini akan menggerakkan ekonomi melalui sektor pariwisata dari desa, bahkan membuka lapangan pekerjaan, serta mewujudkan pariwisata berkelas dunia,” pungkasnya.(*jopa)