BKN Pusat Akan Tinjau Seleksi Calon P3K Kota Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Badan Kepegawaian Negara atau BKN Pusat akan meninjau seleksi calon P3K Kota Tomohon. Tim dari BKN Pusat akan meninjau langsung pelaksanaan seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di Kota Tomohon.

Hal ini dikatakan Kepala BKPSDM Albert Tulus kepada awak media ini saat ditemui usai mengawasi ujian CAT P3K, Selasa (21/03/2023).

“Pada hari Jumat, 24 Maret 2023, Tim dari BKN Pusat akan datang dan meninjau secara langsung pelaksanaan Seleksi Calon P3K di Kota Tomohon,” kata Tulus.

Sembari menyebut, pelaksanaan Ujian di hari kedua berjalan dengan lancar, dan semua perangkat yang digunakan tidak mengalami gangguan.

Ditambahkan Tulus, Kota Tomohon satu-satunya daerah di Sulawesi Utara yang direkomendasikan oleh BKN Pusat sebagai titik lokasi ujian CAT P3K tahun 2023.

“Kita di Tomohon bersyukur sudah memiliki fasilitas ruang CAT sendiri yang dinilai layak untuk pelaksanaan Ujian CAT P3K secara mandiri,” tuturnya.

Seperti di daerah lain di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, karena adanya keterbatasan fasilitas maka belum diijinkan oleh BKN Pusat.

“Jadi, peserta dari daerah lain dalam Ujian CAT P3K harus mengikuti tes di BKN Regional XI di manado,” tandasnya.

Sementara itu, pelaksanaan seleksi P3K tetap mengedepankan prinsip transparansi, tidak dipungut biaya apapun, dan bebas dari KKN.

“Apabila ada oknum yang coba mengganggu pelaksanaan seleksi P3K, harap segera melapor dan kami pasti memproses sesuai aturannya,” tegas Tulus.

Dijelaskannya, bahwa proses Seleksi P3K sangat ketat dimulai dari seleksi dokumen saat pendaftaran, Tes dengan sistem CAT.

“Jadi, sebelum masuk ruangan di foto ccan wajah dan disesuaikan dengan NIK. Bahkan sebelum masuk ruangan diperiksa seluruh badan termasuk dompet, hand phone, jam, ikat pinggang dan lain-lainnya,” ungkap Tulus.

Bahkan, ruangan setiap hari disegel sebelum dan sesudah kegiatan. Hasilnya secara life striming dilihat langsung lewat YouTube BKN dan hasilnya diolah oleh BKN Pusat lewat system.

Diketahui, Peserta PPPK TEKNIS berjumlah 451 orang, Lokasi Test Tomohon 433 orang, lokasi test luar Tomohon 18 orang. Ujian dilaksanakan dalam 3 sesi per-hari, dimana dalam 1 sesi diikuti 40 peserta.(*jopa)