Andrei Angouw Cetak Sejarah Baru Manado Kota Terkotor di Indonesia

MANADO, mejahijau.com – Kabar teranyar, Wali Kota Manado Andrei Angouw cetak sejarah baru Manado kota terkotor di Indonesia. Padahal sebelumnya berturut-turut Kota Manado dipimpin Lucky Korah, Wempie Frederick, Jimmy Rogi, Vicky Lumentut, Kota Manado tak pernah disematkan kota terkotor di Indonesia.

PECAHKAN RECORD

Kurang lebih 25 tahun kepemimpinan tersebut, mendadak Kota Manado dipimpin Wali Kota Andrei Angouw memperoleh predikat kota terkotor di Indonesia.

Kota Manado raih predikat seperti itu berdasarkan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) tahun 2022. KLH mengumumkan Kota Manado salah satu dari lima kota terkotor di Indonesia.

Didaulat sebagai kota terkotor di Indonesia, sepertinya berbanding terbalik dengan tampilan necis Wali Kota Manado Andrei Angouw setiap kali muncul di publik.

Sebagai orang nomor satu di ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), wajar saja jika suami Irene Pinontoan ini selalu prima setiap kemunculannya.

Andrei Angouw Cetak Sejarah Baru Manado Kota Terkotor di Indonesia.
Sampah di depan Pasar Bobo di Kelurahan Bailang Kecamatan Molas terpantau hingga pukul 09.00 Wita tak diangkut armada truck.

Hanya saja di balik tampilan elegan Wali Kota Andrei Angouw, kayaknya tak selaras dengan predikat lingkungan kotor yang disematkan KLH.

Tak dipungkiri, sampah masih menjadi masalah serius Kota Manado. Sampah dari berbagai jenis tampak berserahkan tak karuan setiap hari. Itu terlihat di sejumlah lokasi langganan sampah.

Selain itu, penyumbang sampah juga dipicu karena kurangnya kesadaran warga menjaga kebersihan. Terpantau warga juga masih senang membuang sampah sembarangan tempat.

Riskannya lagi, armada angkutan yang dipakai Wali Kota Andrei Angouw untuk mengangkut sampah seperti tak konsisten waktu dalam bertugas setiap hari.

Tak heran sampah masih berserahkan di berbagai sudut Kota Manado. Bahkan hingga pukul 09.00 Wita, sampah yang menebar bau busuk belum juga diangkut armada angkutan sampah.

Sontak saja akibatnya bau sampah yang menebar memancing lalat mengerubungi sampah-sampah organik. Tikus hewan menjijikan itu juga tak mau kalah. Hewan ini juga ikut berperan mengerat di antara aroma busuk sampah yang belum diangkut.

TIDAK KONSISTEN

Imbas dari tak konsistennya truk pengangkut sampah, menyebabkan jubelan sampah menghiasi berbagai sudut rumah-rumah warga.

Barangkali fenomena itulah sehingga Kementerian Lingkungan Hidup menetapkan Kota Manado salah satu kota terkotor di Indonesia tahun 2022.

Soal predikat Manado kota terkotor di Indonesia, Wali Kota Manado Andrei Angouw dikonfirmasi via aplikasi whatsapp nomor 0811430XXX baru-baru ini, enggan menjawabnya.

Timbunan sampah di pinggir jalan Boulevard Karangria Kecamatan Tuminting beberapa waktu lalu.

Sepertinya dapat dipastikan pengelolaan sampah di Kota Manado memerlukan strategi yang tepat. Wali Kota Manado sepatutnya meningkatkan kualitas pengelolaan sampah termasuk alokasi anggaran yang cukup.

Berikut daftar lima kota terkotor di Indonesia versi KLH tahun 2022, yakni, Kota Manado, Medan, Bandarlampung, Sorong, dan Kupang.(tim redaksi)