Limi Mokodompit Anjurkan Pendampingan Tenaga Ahli P3MD dalam Pengelolaan Dana Desa

LOLAK, mejahijau.com – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit anjurkan pendampingan tenaga ahli P3MD dalam pengelolaan dana desa.

Hal itu diungkapkannya saat audiens denganTenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Senin, (06/02/2023).

Pada pertemuan itu, Limi Mokodompit mengatakan, pendampingan salah satu langkah mempercepat pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan, kesadaran, memanfaatkan sumber daya sesuai kebutuhan masyarakat.

Lanjut dia, seharusnya program-program kementerian desa didukung secara bersama-sama.

“Ini penting supaya Kepala Desa (Sangadi) dalam penyusunan APBDes terkolaborasi dengan program pemerintah daerah terutama program Marijo Bakobong (Inggay Monongoba),” kata Limi.

Penyusunan APBDes lebih mengutamakan kebutuhan desa termasuk program ketahanan pangan, dan itu sinergi dengan program pemerintah daerah.

“Saya harap adanya pendampingan membantu kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong. Juga dapat meratakan pertumbuhan ekonomi daerah ini,” ucap Penjabat Bupati Limi Mokodompit.

Selain pendampingan, Limi juga mengajak tenaga ahli P3MD turut mengawal pengelolaan dana desa supaya tak disalahgunakan.

Respon positif Penjabat Bupati Bolmong mendapat perhatian Koordinator Kabupaten (Korkab) P3MD, Abdul Rifai Mokodompit.

“Kami akan tindaklanjuti sesuai arahan bupati untuk disampaikan kepada pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD),” tandas Rivai.(rafik)