Indeks 2,74 SPBE, Pemkab Bolmong Terbaik se-Sulut

LOLAK, mejahijau.com – Nilai indeks 2,74 SPBE, Pemkab Bolmong terbaik se-Sulut.

Hal itu hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Penilaian SPBE, Mendagri menempatkan Pemerintah Kabupaten Bolmong dipimpin Penjabat Bupati Limi Mokodompit diposisi terbaik se-Sulawesi Utara (Sulut).

Keberhasilan Limi Mokodompit diumumkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 108 tahun 2023.
SK tersebut tentang hasil pemantauan dan evaluasi SPBE pada instansi pusat dan daerah tahun 2022.

Hasil penilaian, ternyata Pemkab Bolmong meraih predikat terbaik dengan indeks 2,74 se Provinsi Sulut.

Penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM kepada media mengaku, ia menyambut gembira dengan hasil tersebut.

Menurut Limi, pencapaian tersebut buah dari kerjasama semua pihak termasuk media elektronik.

“Saya sangat berbangga sebab tahun sebelumnya kita kategori dibawah. Sejak ada dorongan dan motivasi serta kerjasama semua pihak, hasil evaluasi ini ncukup membanggakan kita semua,” ucapnya.

Ia mengatakan, evaluasi ini proses penilaian terhadap SPBE di instansi pemerintah sehingga hasil dari nilai indeks menggambarkan kematangan instansi pemerintah.

Bupati Limi pun ungkapkan unsur penting dalam penerapan SPBE, antaranya, tata kelola birokrasi, kehandalan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
Kemudian yang terakhir, kemudahan pelayanan kepada pengguna sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Penilaian SPBE melalui kebijakan internal, tata kelola, kelembagaan, strategi dan perencanaan, TIK, layanan administrasi pemerintahan, serta layanan publik berbasis elektronik.

“Alhamdulillah sejak saya menjabat Bupati Bolmong, layanan publik yang berbasis elektronik ini terus saya dorong. Bahkan media pun cukup andil dalam memberitakan layanan tersebut,” ungkap Limi Mokodompit bahwa prestasi ini diupayakan terus dipertahankan.(rafik)