Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Hadiri Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Caroll Senduk hadiri kunjungan kerja Presiden Joko Widodo, Kamis (19/01/2023).

Tampak para Bupati dan Walikota se-Sulut turut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Drs Steven Kandouw.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek infrastruktur di negeri berjuluk ‘Nyiur Melambai’, antaranya Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Kuwil Kawangkoan. Selain itu juga diresmikan Kawasan Wisata Pantai (Manado Beach Walk) di pesisir pantai Malalayang.

(BACA JUGA: Bendungan Kuwil Dapat Dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro)

Orang nomor satu RI ini juga mengunjungi berbagai tempat, antaranya Pasar Pinasungkulan di Karombasan, Pasar Airmadidi, Bendungan Kuwil, Hotel Mariot Likupang dan Pelabuhan Manado.

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi didampingi langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Presiden tiba di Bendungan Kuwil bersama rombongan Menteri, dan langsung melakukan peresmian. Bendungan Kuwil sendiri dibangun sejak 2016 dengan menghabiskan APBN sebesar Rp1,9 triliun.

Menurut Jokowi, bendungan ini memiliki kapasitas tampung hingga 26 juta meter kubik, dengan luas kolam 157 hektare.

BACA JUGA: Habiskan Setengah Triliun, Bandara Bung Karno Tak Kunjung Diresmikan Presiden Joko Widodo

Selain itu, lanjut Jokowi, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang akan menghasilkan dua kali 0,70 Megawatt.

“Jadi bendungan kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. Meskipun kecil tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” ucapnya.

Presiden juga menyebut Bendungan Kuwil dapat mengurangi banjir di Kota Manado dan juga untuk mengairi lahan pertanian.

“Karena ini berada di atas sini Manado, maka kalau tidak dihentikan airnya bisa menyebabkan banjir Manado sehingga kita ingat banjir Manado 2014 pernah bandang,” katanya.

Kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo disambut antusias oleh seluruh masyarakat Sulawesi Utara.(*jopa)