Rayakan HUT ke-598, Kepulauan Sangihe ‘Diberondong’ dengan Bantuan Pemprov Sulut

TAHUNA, mejahijau.com – HUT ke-598 Kepulauan Sangihe diberondong dengan bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa, (31/01/2023).

Sebelum penyerahan bantuan, DPRD Kepulauan Sangihe menggelar rapat paripurna istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-598 Kabupaten Sangihe.

Baca Juga: DPRD Sangihe Gelar Paripurna Istimewa HUT Ke 597 Kabupaten Kepulauan Sangihe

HUT Sangihe kali ini mengangkat tema, “Dalam Dekapan Kasih Tuhan Kita Beroleh Kekuatan Menghadapi Tantangan Kehidupan di Tahun 2023.

Subtema dikedepankan, “Melalui Perayaan Ulang Tahun Daerah Kepulauan Sangihe ke-598 dan Upacara Adat Tulude 31 Januari Tahun 2023, Kita Perkokoh Genggaman Tangan Persatuan dan Sinergitas Produktivitas Untuk Sangihe Maju, Hebat dan Sejahtera”.

Hadir dalam rapat paripurna Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw dan Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andy Silangen.

Tampak Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, Wabup Sitaro John Palandung, dan Forkopimda Sangihe.

Juga Pimpinan DPRD Kepulauan Sangihe, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulut, pimpinan DPRD Sulut, Forkopimda, TNI/Polri.

Baca Juga: Legislatif Gelar Paripurna HUT ke 596 Kabupaten Kepulauan Sangihe

Juga disampaikan terimakasih kepada instansi vertikal serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Legislatif DPRD Sangihe memiliki peran sangat penting. Karena itu kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Sangihe atas kerjasama yang sudah terbangun selama ini,” ungkap Rinny.

Sementara Wagub Sulut Steven Kandouw mengatakan, suatu kehormatan dirinya dan Pemprov Sulut diundang mengikuti Paripurna Istimewa HUT Sangihe ke-598.

“Logika berpikir umur ke 598, itu bukan umur yang masih muda. Sangihe miliki rekam jejak yang luar biasa dan sudah menghasilkan insan-insan nusantara yang kiprahnya luar biasa. Maka sudah sepantasnya kita berbangga dan boleh tinggi hati sedikit, bahwa kita punya flashback, punya sejarah yang luar bias am,” ucap Kandouw.

Banyak bangsa di dunia sampai sekarang masih mencari jati diri, mencari tahu rekam jejak nenek moyang bangsa mereka sendiri.

“Pemerintah dan rakyat Sulawesi Utara mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 598 kepada pemerintah dan masyarakat Kepulauan Sangihe,” kuncinya.

Usai Paripurna Istimewa DPRD Sangihe, acara dilanjutkan penyerahan bantuan secara simbolis, antaranya, bonus atlit Porprov XI di Bolmong yang diserahkan.

Steven Kandouw serahkan bantuan kepada Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan beras cadangan pangan sebanyak 15,28 ton untuk warga terdampak cuaca ekstrim.

Juga bansos bahan natura sejumlah 14 ribu paket kepada lansia serta bantuan logistik makanan siap saji 350 paket untuk korban banjir di Sangihe.

Sementara bantuan rohaniawan dan kostor sebesar Rp192.250.000 dan bantuan rohaniawan muslim Rp17.250.000, bantuan dedominasi gereja Rp32 juta. Juga diserahkan bantuan hibah rumah ibadah senilai Rp 120 juta.

Juga dilakukan penyerahan benih jagung 1.125 kg dan 1.000 kilo pupuk kepada 14 kelompok tani mandiri. Serta penyerahan bantuan bibit cengkih 3000 pohon kepada 10 kelompok bersama mesin pangkas rumput.(gustaf)