Penjabat Bupati Bolmong Hadiri Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia

BANDUNG, mejahijau.com – Penjabat Bupati Bolmong hadiri Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit hadir Rakornas bersama Forkopimda yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Sambutan Presiden Joko Widodo menegaskan, antisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, seluruh otoritas harus bekerja. Semua pihak terkait bahkan diminta untuk turun dan masuk ke pasar-pasar.

“Perlu langkah antisipasi dan hati-hati terhadap kenaikan harga bahan pokok, Pemerintah daerah dengan pusat harus bekerja detail seperti itu,” ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menghimbau seluruh kepala daerah mengambil tindakan antisipasi naiknya harga kebutuhan bahan pokok di masyarakat.

Mendorong sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan proses reformasi birokrasi serta mendorong percepatan investasi masuk.

“Bupati-walikota dan gubernur harus sering-sering masuk pasar. Cek betul apa data yang diberikan sesuai fakta di lapangan atau tidak,” sergah Jokowi.

Presiden Jokowi mensyukuri inflasi di Indonesia sepanjang 2022 lalu masih terkendali berada pada kisaran 5,5%.

Angka inflasi itu, sebut Jokowi, masih lebih rendah dibanding inflasi di negara-negara lainnya.

“Saya minta seluruh gubernur, bupati dan walikota, bersama Bank Indonesia untuk terus memantau harga barang dan jasa di lapangan. Selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besar datang,” tambah Presiden.

Sementara Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, ia akan memantau langsung harga barang dan jasa di pasaran untuk kepastian data dan faktanya.

Hal itu, kata Limi, sesuai arahan presiden Joko Widodo di Rakornas seluruh kepala daerah dan forkopimda se-Indonesia.

“Insya Allah kami akan pertahankan selalu harmonisasi yang selama ini terjalin antara Pemkab Bolmong dan Forkopimda,” ucap Limi.

Seperti diketahui, harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Bolmong kini masih terjangkau oleh masyarakat.

Apalagi rutinitas pasar murah terus digalakkan di berbagai kecamatan di wilayah Bolmong sekaligus rutin pemantauan harga pangan di setiap pasar.(rafik)