oleh

Limi Mokodompit Sebut APDESI Memperkuat Pemerintah

LOLAK, mejahijau.com – Limi Mokodompit sebut APDESI memperkuat pemerintah. Hal itu diungkapkan saat melantik Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bolmong, Selasa (25/01/2023).

DPC APDESI Kabupaten Bolmong masa-bakti 2023-2028 diketuai Felix Rapar dilantik di Gedung Bagas Raya Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan.

Pelantikan diawali penyerahan pataka dari penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit kepada Ketua APDESI Bolmong Felix Rapar.

Sambutan penjabat Bupati Limi Mokodompit dikatakan, kehadiran APDESI diharapkan membantu kinerja pemerintahan.

Selain itu, APDESI juga diharapkan betul-betul menjadi wadah seluruh Sangadi (Kepala Desa) dalam menyatukan visi-misi guna membangun daerah.

”Selamat dan sukses dilantiknya DPC APDESI Kabupaten Bolaang Mongondow. Semoga menjadi tonggak awal mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, serta memperkuat daerah perbatasan dan desa,” ujar Penjabat Bupati Limi Mokodompit.

Kehadiran APDESI, lanjut Limi, bertujuan untuk menyatukan visi-misi membangun Bolmong lebih baik ke depan.

“Desa ujung tombak pembangunan daerah. Hal itu dilakukan dari bawah melalui kepala desa dan BPD di wilayah masing-masing. Teruslah bersinergi untuk menyelaraskan program pemerintah dalam menopang pembangunan daerah,” ujar Limi Mokodompit.

Dikatakan, APDESI harus berperan aktif memperkuat pemerintah bukan melemahkan ataupun menambah beban pemerintah.

”Harapan saya, APDESI terus memberi kekuatan dan sumbangsihnya dalam penyelenggaraan pemerintahan. Harus semakin tangguh, dan APDESI jangan sibuk mengurus diri sendiri dan lupa mengurus masyarakatnya,” tandas Limi Mokodompit di akhir sambutannya.

Sementara itu, Ketua DPC APDESI Bolmong Felix Rapar, mengatakan, hadirnya organisasi APDESI dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas bersama dalam pembangunan desa.

“Segala bentuk hambatan ataupun permasalahan harus diselesaikan bersama-sama dan saling berkolaborasi untuk lebih baik kedepan,” kata Sangadi Pinonobatuan Barat ini.

Menurutnya, organisasi APDESI terbentuk sebagai upaya para kepala desa membangun desa yang berdampak positif kepada masyarakat.

“Olehnya, segala potensi di desa harus dikembangkan dengan meningkatkan kolaborasi untuk saling bekerjasama,” pungkasnya.

Hajatan dihadiri selain Penjabat Bupati Bolmong hadir pula Ketua APDESI Sulut, Ketua DPRD Bolmong, Bupati Guhanga Hi Kandoli Mokodongan, Kapolres Bolmong, Dandim 1303, Kajari Kotamobagu.(rafik)