Kunjungi Desa Ponompian, Limi Mokodompit Salurkan Bantuan Kebakaran

LOLAK, mejahijau.com – Kunjungi Desa Ponompian, Penjabat Bupati Limi Mokodompit salurkan bantuan korban kebakaran, Kamis (12/01/2023.

Kunjungan kerja (Kunker) orang nomor satu Bolmong ke Desa Ponompian Kecamatan Dumoga, untuk melihat langsung musibah kebakaran rumah sekaligus menyerahkan bantuan.

Kunjungan Limi Mokodompit didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Kepala BPBD, Kadis Sosial, Kadis Perindag, Kadis Kominfo Ma’rief Mokodompit, Kadis PMD. Hadir juga Camat Dumoga Esly Everhart Manabung SH, para Sangadi dan turut disaksikan warga sekitarnya.

KEPRIHATINAN BERSAMA

Diawali sambutan Camat Dumoga Esly Everhart Manabung dikatakan, musibah yang menimpah keluarga Alfred Lumayan Watulo terjadi begitu cepat. Semua bagian rumah dari depan hingga belakang habis dilahap si jago merah.

Camat Dumoga berterima kasih kedatangan Penjabat Bupati Bolmong bersama rombongan. Katanya, ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kabupaten terhadap musibah yang menimpah warga korban kebakaran rumah.

“Semoga bantuan pemerintah ini meringankan beban korban kebakaran,” ujar Camat Dumoga Esly Everhart Manabung SH.

Kesempatan itu Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengajak semua OPD dan dinas terkait untuk turun melihat langsung kondisi korban kebakaran.

“Saya sengaja bawa jajaran OPD untuk ikut bersama-sama supaya ikut merasakan kesusahan dan kesedihan. Ada ini bantuan yang akan diberikan, tapi tidak seberapa,” ucapnya.

Minimal, kata Limi Mokodompit, kedatangannya bersama OPD Pemkab Bolmong mendapatkan gambaran jelas soal kejadian yang menimpah korban.

“Saya harap dinas yang terkait menjadikan ini catatan penting agar kedepan program yang turun mengacu pada kebutuhan bukan karena keinginan,” kata Limi Mokodompit.

Selain itu, Penjabat Bupati juga mengimbau kepada warga Bolmong untuk tetap waspada cuaca ekstrim saat ini.

“Kita harus pintar–pintar membaca tanda-tanda alam. Warga yang bermukim di daerah rawan bencana baiknya menghindar ke tempat yang aman. Kita semua mutlak harus berhati–hati,” imbaunya.

Diingatkan kepada para Sangadi, bila terjadi bencana segera melapor kepada camat dan kepada instansi terkait. Semua wajib saling gotong-royong mengingat pemerintah punya keterbatasan armada pemadam kebakaran.

“Pemerintah hanya fasilitator bukan segalanya, sehingga saya harap kita saling bergotong-royong. Kita bersama–sama pulihkan bersama. Banyak berserah diri kepada Tuhan, karena hanya pertolongan Tuhan kita bisa selamat, dan tetap jaga kerukunan,” pesannya.

Bantuan kepada korban kebakaran, antaranya, matras, selimut, aqua, handuk, pakai dalam, kain sarung, beras, minyak kelapa, gula, pempers, softex, supermie.

Menurut Kadis Sosial Ernie Mokoginta, bantuan dinerikan kepada empat kepala keluarga.

“Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap musibah kepada warga korban,” singkatnya.

PANTAU PROYEK JALAN DESA TORUAKAT

Usai penyerahan bantuan, Penjabat Bupati Limi Mokodompit beringsut ke Desa Toruakat untuk meninjau pekerjaan jalan desa.

“Kami bersyukur jalan ini dapat diperbaiki atas dorongan pak bupati meski waktu itu baru dilantik sebagai penjabat. Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Toruakat ucapkan terima kasih,” kata Wakil Ketua BPD Eyke Sa’ada.(rafik)