TOMOHON, mejahijau.com – Kota Tomohon segera operasikan Michi-no-Eki sendiri kerjasama dengan Wali Kota Minamiboso, Jepang.

Stasiun jalan atau Michi-no-Eki hasil dari kerjasama dengan Wali Kota Minamiboso Mr Yutaka Ishi saat mengunjungi Kota Tomohon, Rabu (25/01/2023).

Rombongan Wali Kota Minamiboso bersama Tim JICA (Japan International Cooperation Agency), diterima Wali Kota Tomohon di Danau Linow Restaurant.

Dua pihak membicarakan soal pengembangan serta pengoperasian Michi-no-Eki di Kota Tomohon.

Kedatangan tim dari Kota Minamiboso dan JICA guna mematangkan kerjasama pembangunan Stasiun Jalan atau Michi-no-Eki bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon.

BACA JUGA: Minamiboso Jepang Seriusi Kerjasama ‘Michinoeki’ di Kota Tomohon

Michi-no-Eki atau stasiun jalan adalah tempat istirahat dengan beragam fasilitas yang tersedia. Fasilitas dimaksud sebagai pusat informasi, yakni mitigasi bencana, kemitraan, perdagangan, pengembangan pariwisata, tempat pemasaran hasil pertanian, dan lain sebagainya.

Pengoperasian stasiun jalan ini dipastikan melibatkan peran serta masyarakat lokal.

Kesempatan itu, Wali Kota Minamiboso Mr Yutaka Ishi mengatakan, fasilitas Michi-no-Eki di Tomohon adalah gabungan gaya Minahasa dengan gaya Jepang.

“Tempat ini dinilai suatu yang mengindikasikan Michi-no-Eki masa depan,” kata Mr Yutaka Ishi.

Proyek ini, kata Mr Yutaka, diharapkan hubungan antara Kota Tomohon dengan Minamiboso berkontribusi untuk pembangunan komunikasi Indonesia dengan Jepang.

BACA JUGA: Konsultan Minamiboso Tinjau Wisata Air Panas Kota Tomohon

Sementara itu, WaliKota Tomohon Caroll Senduk menjelaskan, pemerintah dan masyarakat Tomohon terima baik kunjungan Wali Kota Minamiboso Mr Yutaka Ishi.

“Adanya Michi-no-Eki di Tomohon tentu akan menggerakkan perekonomian. Dalam hal ini para petani tanaman organik seperti sayur dan lain-lain, yang akan dijual di tempat ini,” kata Caroll.

Gedung ini dijadikan pusat informasi wisata dan pasar pertanian organik serta menyediakan fasilitas packing bagi yang belum punya mesin packing.

“Kami juga telah membentuk kelompok-kelompok tani khususnya petani organik dan hasilnya akan dipasarkan di Michi-no-Eki,” kata Caroll Senduk.

Orang nomor satu Kota Tomohon ini berharap kerjasama dengan Kota Minamiboso berkelanjutan tak hanya sampai pada proyek stasiun jalan (Michi-no-Eki).

Pertemuan dua belah pihak, dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima barang promosi pertanian agri wisata dan memanfaatkan pengetahuan tentang Michi-no-Eki.

Selain itu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk melakukan penyerahan cindramata kepada Wali Kota Minamiboso.

Usai kunjungan ke Danau Linow, rombongan memantau gedung Michi-no-Eki Pakewa Tomohon di jalan lingkar timur kompleks kantor Dinas Koperasi.

Disana membicarakan kaitan dengan teknis pengelolaan Michi-no-Eki kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon di area tersebut.

Ikut hadir Deputi JICA Tokyo Makiko Okimura, Project Manager Michi-no-Eki Fumiyu Kato, Ketua TP-PKK Tomohon Jean d’Arc Senduk-Karundeng, jajaran Pemkot Tomohon.(*jopa)