Wali Kota Tomohon Bersama First Lady Galakkan Program ‘Marijo Ba’kobong’

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bersama first lady Jean d’Arch Karundeng galakkan program ‘Marijo Ba’kobong’ tanaman organik, Senin (19/12/2022).

Pencanangan dilakukan di perkebunan kompleks halaman pekuburan Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara.

Kesempatan itu, Walikota Caroll Senduk mengukuhkan Kelompok Tani Organik ‘Zano Wailan’ dan Kelompok Tani Organik ‘Esa Toroan’.

Walikota Tomohon dalam sambutannya, mengajak para Kelompok Tani Kelurahan Wailan dan Kota Tomohon pada umumnya untuk benar-benar menyukseskan program “Marijo Ba’kobong”.

“Program menanam bahan makanan pokok adalah bagian dari upaya Pemerintah mengatasi krisis pangan, sebagai Program Penguatan Kemandirian dan Ketahanan Pangan,” jelas Walikota Caroll.

“Dengan menanam, ketersedian pangan pasti tersedia dengan baik. Bahkan, selaku Pemerintah melalui Instansi terkait akan terus memfasilitasi,” kata Caroll Senduk.

“Kami akan mendorong para petani untuk berkebun sehingga diharapkan daerah kita tetap ada ketersediaan pangan. Selamat kepada Kelompok Tani yang baru dikukuhkan dan selamat berkebun,” paparnya.

Sementara, Ketua TP-PKK Kota Tomohon Jean d’Arc Senduk-Karundeng menambahkan, pihaknya mendorong keterlibatan TP-PKK menyukseskan program ‘Marijo Ba’kobong.

“Termasuk program Marijo Ba’tanam Tanaman Organik Kelurahan Wailan dengan tujuan peningkatan ketahanan pangan dan menjaga kestabilan inflasi komoditas pangan,” terang First Lady Tomohon.

Turut hadir, Plt Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Dr Karel Lala SP MSi, Lurah Wailan Sefri Pungus, unsur terkait para tokoh agama dan pemerintah.

Kegiatan ini juga, melibatkan unsur Kelurahan bersama TP-PKK Kelurahan Wailan.(*jopa)