Lonjakan Penumpang Akhir Tahun, KSOP Manado Tambah Armada Angkutan Laut

MANADO, mejahijau.com- Lonjakan penumpang akhir tahun 2022 dan memasuki tahun baru 2023, KSOP Kelas III Manado tambah armada angkutan laut.

Antisipasi lonjakan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Manado berupaya penambahan armada kapal.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor KSOP Kelas III Manado Capt R Sadeli, M.Mar kepada redaksi mejahijau.com, Rabu, (14/12/2022).

Upaya tersebut dimantapkan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Kementerian Perhubungan RI, Selasa (06/12/2023).

Rapat tersebut dihadiri PT Pelindo, Dishub Propinsi SUlut, Dishub Kota Manado, Forkopimda termasuk pemilik kapal.

“Tujuan Rakor sebagai persiapan mudik Natal 2022 dan tahun baru 2023 untuk memaksimalkan pelayaran angkutan laut kepada masyarakat,”  ungkap Capt R Sadeli.

Rakor tersebut, lanjut dia, agar menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru tak jadi hambatan masyarakat termasuk pelayanan dapat tertata dengan baik.

Ia yakin akhir tahun akan ada lonjakan penumpang angkutan laut di Pelabuhan Manado.

“Kami berusaha bantuan satu kapal perintis ke Direktorat Lalu Lintas Angkatan Laut untuk membantu penumpang dari Manado ke tujuan masing-masing,” ucap Sadeli.

Penambahan armada guna menghindari pelayaran mudik akhir tahun mengalami over capacity. Hematnya KSOP Kelas III Manado selalu perhatikan keselamatan penumpang, awak kapal, serta kapal itu sendiri.

“Semua kami lakukan agar tercipta kenyamanan dan keselamatan bersama,” katanya.

Menghadapi cuaca tak menentu, Kepala KSOP Kelas III Manado rutin berkoordinasi dengan BMKG untuk mengantisipasi bahaya cuaca extrim.

Selain juga ada koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan membentuk pos-pos pelayanan medis guna melayani pelayaran mudik dengan kesehatan tetap terjaga untuk mencegah Covid-19.

“Kami menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kuncinya.(ishak nurdin)