oleh

Penjabat Bupati Sangihe Serahkan Bantuan Nelayan di 18 Kecamatan

TAHUNA, mejahijau.com – Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan serahkan bantuan nelayan di 18 Kecamatan se Sangihe.

Adapun bantuan tersebut berupa cool-box 100 liter dan 200 liter, mesin pamo, katinting, hand-line dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Periksanan (KKP) itu diserahkan Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan secara simbolis kepada nelayan.

“Bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini digunakan tepat sasaran dan sesuai peruntukannya. Cool-box itu untuk menyimpan ikan, bukan untuk menampung air,” kata Rinny.

Ia juga meminta seluruh kelompok nelayan rukun dan kompak menjalankan usahanya. Dinas Kelautan Perikanan akan terus memberi bantuan seperti ini pada tahun berikutnya.

Sementara untuk tahun 2023 mendatang, kata Rinny Tamuntuan, pemerintah daerah fokus pada program pemberdayaan masyarakat.

Bantuan sarana dan prasarana perikanan diserahkan simbolis berupa cool-box, mesin tempel 15 PK, mesin katinting 5,5 PK, serta alat pancing hand-line.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Sangihe, Ronald Izaak yang turut mendampingi Penjabat Bupati mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti penegasan pimpinannya.

“Satu bulan ke depan tim DKP akan memantau kelompok nelayan penerima bantuan di 18 kecamatan. Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan bantuan yang telah diserahkan oleh pemerintah ini,” kata Ronald Izaak.(gustaf)