Andrei Angouw Imbau Serius Dalami Bimtek Pengelolaan Aset

MANADO, mejahijau.com – Walikota Manado Andrei Angouw imbau serius dalami bimtek tentang pengelolaan aset.

Hal itu diungkapkan sat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah di Hotel GrandPuri Manado, Selasa (01/11/2022).

Kegiatan diawali laporan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado (BKAD) Kota Manado yang disampaikan Peter Bart Assa.

Pelaksanaan Bimtek selama 4 (empat) hari, terhitung mulai dari pembukaan hingga hari Jumat, (04/11/2022).

“Tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aset Daerah ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang teknis pengelolaan barang milik daerah,” ungkap Bart Assa.

Lanjut Assa, perangkat daerah dapat mengelola barang milik daerah sesuai Peraturan Mendagri Nomor 19/2016, tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Selain itu, perangkat daerah dapat menindaklanjuti rekomendasi BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkot Manado khususnya pengelolaan BMD.

Sementara Walikota Manado Andrei Angouw dalam arahannya menyampaikan, Bimtek ini baiknya diseriusi dan diikuti dengan baik karena aset daerah harus dikelola secara baik dan benar.

“Kita harus bisa memaksimalkan dan menjaga aset kita. Saya berharap output dari kegiatan ini adalah penataan, pengelolaan, pencatatan aset barang milik daerah lebih maksimal,” ujar Walikota Andrei Angouw.

Orang Nomor 1 Kota Manado ini mengingatkan bekerjalah maksimal dalam melayani masyarakat serta mempunyai nilai tambah.

Juga dikatakan soal menyampaikan aset/barang milik daerah yang sudah tak layak untuk dipergunakan.

“Saya berharap setelah kegiatan ini, semua SKPD bisa mengidentifikasi aset–asetnya, cuci buku. Supaya mana yang belum jelas, kita perjelas. Mana yang ada, kita perjelas. Dan mana yang sudah tidak maksimal, kita hapus dari buku namun harus sesuai prosedur,” tandas Angouw.

Masing–masing perangkat daerah dapat memberikan report kepada BKAD mengenai aset–aset yang dipegang.

Kegiatan Bimtek hadirkan narasumber, BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Provinsi Sulut, Balai Diklat Keuangan Kementerian Keuangan RI di Manado.

Sementara peserta Bimtek Pengelolaan Aset Daerah dihadiri para Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Penatausahaan Pengguna Barang, Pengurus Barang dan Operator SIMDA BMD.(*/tim redaksi)