Mewujudkan Tomohon Smart City, Caroll Senduk Teken Kerja Sama dengan Bank BNI

TOMOHON, mejahijau.com – Mewujudkan Tomohon Smart City, Caroll Senduk Teken Kerja Sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Penandatangani MoU (Memorandum Of Understanding) dan perjanjian kerjasama terkait layanan jasa perbankan pada program Smart City, di Vila Mangatasik, Selasa (04/10/2021).

Kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Bank BNI, serta penandatanganan PKS Smart Province dan PKS Smart City.

Ikut menandatangani PKS dengan Bank BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Tomohon, John Kapoh sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon.

Menyangkut Tata Kelola Sampah berbasis masyarakat guna pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Bank Sampah dalam program Ayo Menabung.

Kesempatan itu pun dilakukan PKS antara PT Bank Negara Indonesia dengan Gerardus Mogi selaku Kepala BPK-PD tentang elektronifikasi transaksi.

Walikota Senduk mengharapkan melalui Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama bersama PT Bank Negara Indonesia saat ini, akan memberi dampak yang besar.

“Meningkatkan kualitas Pemerintahan, Pembangunan, dan ekonomi  kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Tomohon,” ujar Caroll.

Kerja sama lintas instansi, Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Keuangan, dapat meningkatkan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan literasi keuangan.

“Contohnya, untuk memperoleh nilai ekonomi, dapat kelola sampah di lingkungan sendiri melalui program “Ayo Menabung dengan Bank Sampah,” terangnya.

Untuk program kerja sama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, diharapkan dapat meningkatkan dan memberdayakan masyarakat.

Dayaguna transaksi digital perbankan untuk transaksi elektronik pemerintah daerah dalam pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah melalui program “Tomohon Smart City”.

Penadatangan MoU dan PKS dengan BNI bersama Kab/Kota se Sulut dilakukan serentak se Indonesia sehingga masuk dalam rekor MURI.

Tampak hadir para Kepala Daerah di Sulawesi Utara bersama Kepala Perangkat Daerah terkait.(*jopa)