Usai Rakor Kemenpan-RB, Rinny Tamuntuan Ungkap Formasi ASN Sangihe

TAHUNA, mejahijau.com – Usai rakor Kemenpan-RB, Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan ungkap formasi ASN Sangihe.

Hal itu diungkapkan Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan saat Rakor Kementerian PAN-RB di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (13/09/2022).

Rakor tersebut membahas pengadaan ASN tahun 2022 serta Penyerahan SK Menteri PAN-RB soal penetapan kebutuhan ASN lingkup instansi pemerintah.

Acara dihadiri langsung Menteri PAN-RB RI, Abdullah Azwar Anas bersama para bupati dan walikota se-Indonesia.

Laporan Asisten Deputi KemenPAN-RB, Aba Subagja disampaikan formasi sebanyak ASN 530.038 terdiri dari instansi pusat 90.690 dan instansi daerah 439.348.

Sementara formasi PPPK guru sebanyak 319.716, PPPK Tenaga Kesehatan 94.000 namun ditetapkan 92.014, dan sisanya adalah tenaga teknis lainnya.

Proses seleksi dan pendaftaran akan dilaksanakan pada Minggu ketiga dan keempat September 2022.

Oleh karena itu dimohonkan semua ASN segera persiapan diri untuk mengikuti proses seleksi.

Diharapkan proses seleksi ini dapat dilaksanakan secara akuntabel dan profesional.

Sambutan Menteri PAN-RB RI Abdullah Azwar Anas  mengatakan Indonesia adalah bank besar ekonomi dunia tahun 2050.

Indonesia memiliki potensi besar,  maka harus dipersiapkan bukan hanya sektor industrialisasi dalam negeri, tetapi juga pengelolaan SDM yang handal.

“Menjadi cita-cita besar kita bersama untuk mewujudkan ASN berkualitas kedepan. Namun pada kenyataannya bahwa competitiveness kita masih rendah, daya saing ASN kita masih jauh dari harapan,” ungkap Menteri Aswar Anas.

Mengutip apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo, bahwa demokrasi harus melayani, berdampak, bukan tumpukan kertas, harus lincah dan cepat.

“Karena itu masing-masing daerah harus benar-benar menyiapkan SDM daerahnya yang berkualitas,” ucapnya.

Terpisah, Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan mengatakan, arahan dari Menteri PAN-RB harus benar-benar diaktualisasikan.

“Untuk daerah Kepulauan Sangihe sendiri, telah diusulkan formasi pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 588 formas,” kata Rinny.

Rinciannya untuk Tenaga Guru 388 formasi, Tenaga Kesehatan 200 formasi.

Setelah menerima pengumuman penetapan, kata Rinny, Pemkab Sangihe segera menggelar seleksi bulan September ini juga.(gustaf)