Bulog Sulut-Gorontalo Jamin Harga Beras Terjangkau

MANADO, mejahijau.com – Perum Bulog SulutGo jamin harga beras terjangkau di tingkat konsumen. Komitmen itu ditunjukan Bulog Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) untuk memastikan stabilitas harga beras sepanjang tahun 2022.

Hal itu dungkapkan Kepala Perum Bulog Kanwil Sulut dan Gorontalo (SulutGo), Ali Ahmad Najih di Manado, Sabtu (24/09/2022).

Bulog SulutGo gencar melakukan operasi pasar terhitung sejak awal tahun 2022.

“Kami telah melaksanakan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau dikenal dengan Operasi Pasarm” ungkap Ali Ahmad.

Menjaga harga beras di pasaran tak melonjak, Bulog SulutGo hingga minggu ketiga September 2022 telah gelontorkan 7 ribu ton beras.

Bulog SulutGo memastikan program KPSH berjalan lancar sepanjang 2022 demi menghindari terjadi gejolak harga di tingkat konsumen.

“Walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga, masyarakat jangan khawatir. Bulog siap jamin ketersediaan beras dengan harga terjangkau,” ucap Ali Ahmad.

Menjaga stabilitas harga beras, Bulog SulutGo gencar melakukan Operasi Pasar ke sejumlah tempat.

Lanjut dikatakan, pihaknya terus menerus melakukan pemantauan di tengah situasi saat ini. Berdasarkan pencatatan, harga beras hanya akan naik sedikit karena faktor kenaikan harga BBM.

Kegiatan Operasi Pasar atau Program KPSH Bulog SulutGo sepanjang tahun 2022, terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras.

Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahanan Pangan yang ditugaskan kepada Bulog pusat, yaitu Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilitas.

“Fokus kami saat ini adalah stabilitas harga beras di masyarakat. Untuk itu, kami berupaya maksimal melaksanakan program stabilisasi tanpa ada kepentingan apapun, kecuali kepentingan rakyat!,” cetus Ali Ahmad.

Ia menjelaskan, BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat.

Bulog SulutGo juga miliki infrastruktur kantor dan gudang sampai di pulau terluar Sangihe dan Talaud. Selain itu, Bulog SulutGo juga memiliki gudang retail modern sebagai pusat distribusi dan penjualan.

“Seluruh jaringan yang bekerjasama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras tingkat lokal. Baik secara offline maupun online juga outlet-outlet binaan Perum Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di Sulut dan Gorontalo, serta jaringan retail modern yang ada” kata Ali Ahmad.

Demi menjaga stabilitas harga beras di masyarakat dan tak terjadi lonjakan harga, Bulog SulutGo terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah.(*/redaksi)