Archi Indonesia Bangga, PT MSM-TTN Raih Penghargaan Tertinggi dari ESDM

JAKARTA, mejaijau.com – PT Archi Indonesia bangga, PT MSM-TTN raih penghargaan tertinggi keselamatan pertambangan.

Dua anak perusahaan PT Archi Indonesia Tbk, meraih berbagai penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dua perusahaan dimaksud, yakni, PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) yang melakukan eksploitasi tambang emas Toka Tindung.

PT MSM meraih Aditama penerapan kaidah pertambangan yang baik (Good Mining Practices Award 2022) di hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/09/2022).

Ajang ini PT MSM-TTN rebut tiga penghargaan, masing-masing, aspek Standarisasi Usaha Jasa Pertambangan, Keselamatan Pertambangan, dan Lingkungan Hidup Pertambangan.

Tiga penghargaan kegiatan pertambangan itu diterima sekaligus oleh Direktur Operasional PT MSM-TTN, Scott G Atkinson.

Masing-masing penghargaan, yakni aspek Standarisasi Usaha Jasa Pertambangan, PT MSM-TTN meraih penghargaan Pratama (Perunggu).

Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, PT TTN rebut penghargaan Utama (Silver), sedangkan PT MSM meraih penghargaan Aditama (Emas).

Sementara untuk aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, PT MSM-TTN sama-sama meraih penghargaan Utama (Silver).

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral Batubara Dirjen Minerba, Sunindyo Suryo Herdadi menyatakan, Good Mining Practices Award merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

“Penghargaan ini merupakan penilaian terhadap kinerja dan keberhasilan dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada seluruh perusahaan pemegang KK, PKP2B, UP dan UPK maupun IUJP untuk berlomba meraih prestasi,” ujar Sunindyo.

Pihaknya berharap seluruh pelaku usaha pertambangan tetap beroperasi sesuai prinsip-prinsip penerapan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik.

Serta menjadi tolak ukur pemerintah atas keberhasilan pembinaan pengawasan aspek teknis dan lingkungan terhadap kegiatan usaha pertambangan.

Sementara Direktur Utama PT MSM-TTN, David Sompie menyatakan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM-RI.

“Kami bangga atas apresisasi pemerintah pada kinerja PT MSM dan PT TTN. Terima kasih kepada Kementerian ESDM, lebih khusus Dirjen Minerba yang terus membina sehingga perusahaan kami dapat menerapkan good mining practices dalam operasi penambangan emas di Toka Tindung,” ungkap Sompie.

Lanjut Sompie, penghargaan yang diperoleh merupakan kerja keras seluruh karyawan. Diharapkan penghargaan tersebut dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan penerapan good mining practice dalam dua perusahaan ini.

Bagi PT Archi Indonesia tbk, penghargaan tersebut menjadi bukti komitmennya dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

“PT Archi Indonesia bersyukur dan bangga pencapaian PT MSM dan PT TTN melalui penghargaan yang diterima. Hal ini sejalan dengan komitmen Archi untuk selalu menjunjung tinggi praktek Tata Kelola Perusahaan (GCG) yang baik,” ucap Harry Margatan Sopandi, Sekretaris PT Archi Indonesia Tbk.

Implementasi standar yang tinggi terkait kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHS), lanjut Harry, PT Archi akan terus berkomitmen meningkatkan kaidah pertambangan yang baik.(*/tim redaksi)