oleh

Pemakaman Sertu Ronny Rumengan Mengharukan, Gegara Sambutan Letkol Ircham Effendy

TONDANO, mejahijau.com – Pemakaman Sertu Ronny Rumengan mengharukan, gegara sambutan yang disampaikan Komandan Kodim Minahasa.

Komandan Kodim 1302 Minahasa, Letkol (Inf) Ircham Effendy bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada pemakaman Sertu Ronny Rumengan, Selasa, (09/08/2022).

Pemakaman personil TNI-AD ini sesuai prosedur ketentaraan, dilaksanakan di Desa Tateli III, jaga 3 Kecamatan Mandolang, sekira pukul 15.50 Wita.

Upacara persemayaman di rumah duka, Danramil 1302-17 Motoling Kapten Inf Wemfryd Son Halebar bertindak sebagai Komandan Upacara. Sementara perwira upacara dipimpin Kapten Inf Raimond Perwira Kodim 1309 Manado.

Sambutan Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol (Inf) Ircham Effendy di lahan pekuburan terbilang cukup mengharukan keluarga dan semua yang hadir.

“Segenap keluarga berduka, peserta upacara dan hadirin sekalian. Hari ini kita melaksanakan upacara pemakaman jenazah almarhum Sertu Ronny Rumengan yang telah meninggalkan kita,” ucapnya.

Lanjut Letkol Effendy, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa almarhum kepada bangsa dan negara sepanjang hidupnya.

“Cobaan ini sungguh mengejutkan dan menyedihkan perasaan kita. Tetapi sebagai orang beriman, kita yakin kehendak Tuhan itu pasti yang terbaik,” kata Letkol Effendy.

Oleh karena itu, sebagai umat beragama yang percaya kepada kasih dan sayang Tuhan, kenyataan ini harus kita terima dengan tulus dan ikhlas.

“Selaku Inspektur Upacara, atas nama masyarakat serta teman sejawat almarhum, kami nyatakan belasungkawa sedalam-dalamnya,” ucapnya.
Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan, kesabaran, bimbingan serta perlindungan.

Kepergian Sertu Ronny Rumengan, lanjut dia, pertanda kehilangan putra terbaik bangsa yang teguh memegang prinsip perjuangan untuk mewujudkan cita-cita negara.

“Kami sadar almarhum seorang manusia biasa. Selama hidupnya tentu tidak luput dari hilaf dan salah. Untuk itu, saya mohon hadirin melapangkan dada untuk memaafkan almarhum semasa hidupnya,” ucapnya.

Kepada keluarga yang ditinggalkan, Dandim Minahasa menyatakan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Sertu Ronny Rumengan tercinta.

Diakhir sambutannya, Letkol Effendy mengajak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa semoga kesalahan dan kehilafan almarhum diampuni dan mendapat tempat disisiNYA.

Sambutan Letkol (Inf) Ircham Effendy pada pemakaman Sertu Ronny Rumengan memantik rasa haru mendalam bagi keluarga serta seluruh yang hadir.(sherena)