oleh

HUT Kemerdekaan RI, Maurits Mantiri Dorong Perkuatan UMKM Lokal

BITUNG, mejahijau.com – Pengibaran Bendera Merah Putih, Rabu, (17/08/2022), memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -77 di Kota Bitung di Lapangan Kantor Wali Kota Bitung, berlangsung penuh khidmat.

Upacara diikuti lengkap sekitaran ratusan peserta dari berbagai unsur kedinasan di Kota Bitung, Wali Kota Maurits Mantiri  bertindak sebagai inspektur upacara.

Turut hadir kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Hengky Honandar, Ketua TP-PKK Mantiri Tangkudung dan jajaran, Ketua DPRD Kota Kota Bitung Aldo Ratungalo, Sekretaris Daerah Kota Bitung Rudy Theno.

Hadir juga unsur Forkopimda, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seluruh kepala sekolah, para Lurah, Staf Khusus, Tim Percepatan, dan lainnya.

HUT Kemerdekaan RI ke 77, Wali Kota Maurits Mantiri Dorong Perkuatan UMKM Lokal Kota Bitung.

Upacara HUT Kemerdekaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pelaksanaan tahun 2022 ini dilakukan secara normal dan cukup meriah.

Meski begitu, pelaksanaan kegiatan yang dimulai tepat pukul 09.00 Wita tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengatakan, “Kami sangat senang karena kegiatan upacara peringatan HUT kemerdekaan tahun ini kembali bisa dilaksanakan secara normal karena sudah melakui vaksinasi.

“Setelah melewati Covid-19, saatnya kita lebih mudah melakukan kegiatan karena semua sudah melakukan vaksin. Oleh karena itu, vaksin ini adalah penting kepada kita semua,” kata Mantiri.

17 Agustus kali ini, kata dia, mari meriahkan sambil tak melupakan protokol kesehatan, dan lakukan dengan penuh suka cita.

Karena ini adalah kesempatan kita dan harus kita jadikan momentum, kembali bangkit karena kita sudah pulih.

“Ternyata terbukti bangsa kita lebih cepat pulih dengan adanya vaksin, dan sudah terbukti vaksin tersebut dapat memulihkan ekonomi kita,” ujar Mantiri.

Pemkot Bitung juga sangat memperhatikan masyarakat, dan itu terlihat dari terobosan-terobosan di bidang produk-produk UMKM.

“Ini strategi kami yang dirancang untuk kegiatan masyarakat,” kata Mantiri.

“Pemerintah mendorong transaksi untuk membantu ekonomi masyarakat. Seperti Bitung Lokal Market, Festival Bungalow, Festival Pateten Community, semua ini adalah keterlibatan masyarakat secara langsung dan pemerintah membantunya,” ucapnya.

“Untuk tahun depan, strategi kami bagaimana caranya untuk dapat menganggarkan agar supaya benar-benar itu terjadi. Dan saya bersama pak Wakil sudah kami sampaikan-sampaikan dimana-mana,” kata Mantiri.

Diungkapkan, Presiden telah menyampaikan BUMN dan pengusaha nasional membantu masyarakat dan pengusaha lokal. Oleh karena itu yang bertanggung jawab dari SDA dan sosial responi gerakan bersama UMKM.

“Produk-produk lokal mulai dari VCO, krepek, abon, minyak goreng, semua itu adalah kebutuhan kita dan BUMN, BUMD ambillah produk-produk ini sebagai ole-ole. Paling tidak ini akan menyemangati masyarakat kita di Kota Bitung,”cetus Maurits Mantiri.

Pemkot Bitung mengajak produk UMKM mendaftar di katalog lokal supaya etalasenya terbuka untuk siapa saja.(steven tumuyu)

Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera HUT Kemerdekaan RI ke 77:

Inspektur Upacara: Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar,

  1. Perwira Upacara: Antonius Nararattu Lermatin (Letda Marinir) dari Komandan Baterai Arhanud Yonmarhanlan VIII Bitung. Tempat tanggal Lahir: Ternate, 05 Mei 1982. Lulusan: Diktukpa Angkatan 48.
  1. Komandan Upacara: Muhammad Subhan (Lettu Marinir), Perwira staf Personil Yonmarhanlan VIII Bitung. Tempat Tanggal Lahir: Buton, 17 Mei 1983. Lulusan : Diktukpa Angkatan 45.
  1. Komandan Pasukan 17: Davib Nawan Sutanto (Letda Marinir). Danton kompi markas Yonmarhanlan VIII Bitung. Tempat Tanggal Lahir: Tuban, 26 November 1978. Lulusan: Diktukpa Angkatan 51.
  2. Komandan Pasukan 45: Dwi Santoro (Letda Marinir), Danton 3 Meriam Baterai Arhanud Yonmarhanlan VIII Bitung. Tempat Tanggal Lahir: Blitar, 10 Oktober 1979. Lulusan: Diktukpa Angkatan 51.
  • Perwira Upacara: Kapten Chb Albert Lengkoan.
  • Komandan Upacara: Kapten Inf Frederik Liwutang.
  • Komandan pasukan 45 : Letda Inf Isak Mangimpis.
  • Pengapit Pasukan 8: Serka Nelman Tahumoa, Sertu Rahmat Hidayat, Serda Surya Piter, Serda Hardik Saputra.

5. Komandan Paskibraka: Ipda Steven Pangkey.