Charisma Event Nusantara TIFF 2022 Berlangsung Spektakuler

TOMOHON, mejahijau.com – Pergelaran akbar TIFF (Tomohon International Flower Festival) 2022, resmi dibuka Gubernur Olly Dondokambey, Senin, (08/08/2022).

Pergelaran merupakan charisma event nusantara TIFF 2022 berlangsung spektakuler dengan menghadirkan float dari 5 negara.

TIFF 2022 dengan agenda utama TOF (Tournament Of Flower) atau Parade Kendaraan Hias diikuti 23 float termasuk 5 negara.

Lima negara yang ambil bagian yakni, USA Kota Pasadena, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Singapura, unsur bank, perusahaan.

PARADE KENDARAAN HIAS TIFF 2022 UTUSAN DARI AMSTERDAM NEGARA BELANDA MENAMPILKAN SALAH SATU BANGUNAN BERSEJARAH NEGARA ITU.

Selain itu, Parade Kendaraan Hias dari beberapa daerah di Sulawesi Utara ikut tampil serta sejumlah lembaga lainnya.

TIFF kali ini berkolaborasi dengan fashion carnival, Kelompok Drum band, Bendi hias, dan berbagai tampilan menarik lainnya.

Adapun rute yang dilalui yakni start dari kompleks Hanggar Kakaskasen, Biara Karmel Theresia, Mako Rindam XIII Merdeka, pusat Kota Tomohon.

Parade Kendaraan Hias juga melintasi perempatan tugu Tololiu, perempatan Cool Supermarket, Kantor Lurah Walian, dan finish di Stadion Babe Palar.

Rangkaian kegiatan TIFF 2022 dibuka oleh Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

TIFF Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, melalui gelaran TIFF banyak harapan masyarakat terutama peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kita patut bersyukur, karena pengendalian Covid-19 di Sulut berjalan dengan baik. Semuanya atas peran dari seluruh masyarakat sehingga kegiatan ini (TIFF) boleh dilaksanakan,” ujar Gubernur Olly.

PARADE KENDARAAN HIAS TIFF 2022 UTUSAN DARI SINGAPURA MENONJOLKAN SINGA DAN SOSOK PEMIMPIN BESAR NEGARA TERSEBUT.

Olly pun menyatakan, pertumbuhan ekonomi di Sulut meningkat di atas rata-rata nasional. Dan peningkatatan tersebut dipengaruhi dari hasil pertanian termasuk hasil para petani bunga di Kota Tomohon.

“Hal ini harus kita dorong, termasuk meningkatkan kepariwisataan di Sulut yang ditopang dengan berbagai kegiatan, seperti TIFF. Apresiasi juga kepada Kementerian Pariwisata yang terus mendukung berbagai kegiatan di Sulut termasuk gelaran TIFF,” kata Olly.

Sementara Staf Ahli Kemenparekraf RI Fadjar Hutomo dalam sambutannya mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Tomohon atas terlaksananya TIFF sejak tahun 2008 sampai saat ini.

PARADE KENDARAAN HIAS TIFF 2022 JUGA DIHADIRI UTUSAN DARI PROVINSI BALI DENGAN MENONJOLKAN TOKOH LEGENDARIS DALAM CERITA PEWAYANGAN.

“Selamat atas terselenggaranya TIFF 2022 yang menjadi salah satu charisma event nusantara. Ini adalah waktu yang tepat untuk bergandengan tangan dalam berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif nasional,” ungkap Fadjar Hutomo.

Kesempatan itu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk didampingi Wakil Wali Kota Wenny Lumentut menguraikan situasi umum Pasca Covid-19.

Diungkapkannya, bahwa sektor pariwisata terdampak secara langsung dan juga mempengaruhi perekonomian nasional.

Diharapkan lewat gelaran event TIFF 2022 mempengaruhi pemulihan dan penguatan ekonomi masyarakat Kota Tomohon secara khusus Sulut bahkan Indonesia.

“Sektor pariwisata saat ini menjadi prioritas dari Presiden RI Joko Widodo,” ungkap Wali Kota Caroll Senduk.

PARADE KENDARAAN HIAS TIFF 2022, KOTA BITUNG MENONJOLKAN RIASAN IKAN CAKALANG YANG MENJADI KOMODITI ANDALAN DAERAH TERSEBUT.

Kata Wali Kota Senduk, event TIFF melibatkan potensi lokal Kota Tomohon termasuk semua bunga yang digunakan. Semuanya merupakan hasil dari para petani bunga Kota Tomohon.

Demikian juga dekorator float adalah warga Kota Tomohon yang secara langsung menggerakkan perekonomian dan mempengaruhi sektor lainnya.

“Diharapkan TIFF terus memberikan manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon,” ucapnya.

Apresiasi dari Wali Kota Pasadena

Pembukaan kegiatan didahului ucapan selamat datang dari Vonny Pangemanan selaku Ketua Umum Panitia TIFF 2022.

Saat pembukaan kegiatan diserahkan Sertifikat Gereja Tua Sion Tomohon sebagai situs Cagar Budaya peringkat nasional oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan RI.

Penyerahan sertifikat Gereja Tua Sion Tomohon dilakukan Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, UPT Kemendikbud Ristek Muhammad Natsir.

Menariknya ditayangkan video ucapan salam dan ucapan selamat terselenggaranya TIFF 2022 dari Wali Kota Pasadena, California, USA, Mr Victor M Gordo.

Dan ucapan serupa disampaikan oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno yang juga ikut ditayangkan.

Terangkai Gerakan Penghijauan

Sebelumnya Wali Kota Tomohon bersama para undangan melakukan penanaman pohon cempaka, durian, dan nantuk di lokasi Show Window Kakaskasen.

Ikut dalam penanaman bibit pohon antaranya Konjen Filipina Ms Angelica Escalona, CDA Bosnia-Herzegovina Mr Momcilo serta Consuler General Japan in Makasar Mr Yasue Katsunobu .

Hadir dalam hajatan tersebut Charge de Affairs Bosnia dan Herzegovina Mr Moncilo Vukovic, Konsulat Jenderal Jepang Mr Yasue Katsunobu dan Mr Kawase Naoto.

PARADE KENDARAAN HIAS TIFF 2022 TUAN RUMAH TOMOHON MENAMPILKAN BURUNG MANGUNI YANG MENJADI LAMBANG DAERAH MINAHASA DAN SEKITARNYA.

Tampak hadir Konsulat Jenderal Filipin Ms Angelica Escalona, Staf Ahli Sosbud dan PMILN Kementerian Luar Negeri Duta Besar Siti Nugraha, .

Begitu juga senator DPD RI Maya Rumantir, legisator DPR RI Adriana Dondokambey, dan Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina.

Hadir pula, Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Suswati istri Tito Karnavian, Nur Asia-Uno istri Sandiaga Uno, Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, bersama unsur Forkopimda Sulut.(*jopa)