oleh

Caroll-Wenny Perjuangkan Kuota 25 Kursi Dewan Kota Tomohon

JAKARTA, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Wenny Lumentut melakukan audiensi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Caroll-Wenny perjuangkan kuota dewan Kota Tomohon menjadi 25 kursi. Hal itu dilakukan Caroll-Wenny melalui audiensi dengan KPU RI di Jakarta, Selasa (23/08/2022).

Rombongan yang ikut dampingi Caroll-Wenny, antaranya Pimpinan DPRD Tomohon, Komisioner KPU Sulut, serta Komisioner KPU Kota Tomohon.

Pertemuan dengan komisioner KPU berkaitan kesiapan Pemilu 2024 serta koordinasi penambahan kursi di DPRD Kota Tomohon.

Kesempatan audiensi, Wali Kota Senduk menjelaskan, pihaknya berjuang untuk bisa mendapatkan tambahan dari 20 kursi menjadi 25 kursi di DPRD Kota Tomohon.

Adapun alasan perlunya tambahan kursi di DPRD Tomohon karena nyaada penambahan jumlah penduduk menjadi 101.221 jiwa.

Hal ini mengacu UU No 7/2017 tentang Pemilu pasal 1 ayat (6) dan peraturan KPU RI No 16/2017 pasal 8 ayat (2) huruf (b) menyatakan, jumlah penduduk lebih dari 100.000 jiwa sampai 200.000 jiwa memperoleh alokasi 25 kursi.

Pihak Komisioner KPU RI August Mellas dan Idham Kholik menyambut baik kedatangan tim yang dipimpin langsung Wali Kota Tomohon.

Diungkapkan August Mellas, sepanjang ini baru Kota Tomohon-lah yang datang memperjuangkan sendiri penambahan kursi di dewan kota tersebut.

“Kami akan merealisasikan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Dan terpenting data tersebut sudah dikonsolidasikan dengan Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Ditjen Dukcapil,” jelas Mellas dan Kholik.

KPU RI mengapresiasi concern Pemkot Tomohon yang menyupport hibah tanah bangunan KPU Kota Tomohon lewat pengurusan sertifikat.

Di akhir pertemuan, dilakukan pertukaran cendera mata antara Pemkot Tomohon dengan KPU RI.

Ikut hadir dalam audiensi, Ketua Dewan Tomohon Djemmy Sundah bersama Wakil Ketua Johny Runtuwene, Kadis Capil Albert Tulus, Kaban Kesbangpol Ronald Kalesaran.

Hadir juga Sekwan Steven Waworuntu, Yessy Momongan, Salman Saelangi dari KPU Sulut, dan KPU Tomohon Haryanto Lasut, Robby Golioth bersama Stenly Kowaas.(*jopa)