oleh

Pinaras Jadi Pilot-Project Kelurahan “Cantik” Kota Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Wali Kota Tomohon diwakili Sekot Edwin Roring menghadiri Pencanangan Kelurahan Pinaras sebagai Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) Kota Tomohon 2022.

Acara Kelurahan Pinaras jadi pilot-project Kelurahan “Cantik” se Tomohon dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik Kota Tomohon Jefrey Joost Runtulalo.

Hadir juga mewakili Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulut Sirly Worotikan, Pdt Rico Wenas, Camat Tomohon Selatan, Lurah Pinaras, Jumat (22/07/2022).

Pencanangan Kelurahan Pinaras menjadi Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) Kota Tomohon Tahun 2022, ditandai pemukulan Tetengkoren secara simbolis oleh Sekot Tomohon.

Sambutan Wali Kota dibacakan Sekot Tomohon menyebut, kelurahan ujung tombak kesejahteraan masyarakat harus memiliki data lengkap warga person by person.

“Kebijakan pembangunan di kelurahan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Program Kelurahan Cantik ini salah satu upaya membangun kemitraan kelurahan dengan BPS melalui penyediaan data yang diperlukan,” ujar Sekot Roring.

Guna meningkatkan kemampuan administrasi perangkat kelurahan, maka data warga masyarakat baiknya rapih dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kebiasaan mendata, kata Roring, kita akan lebih peduli dan sadar akan kegiatan-kegiatan di masyarakat. Data ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan program dan kegiatan suatu daerah.

“Saya berharap bahwa Program Kelurahan Cantik akan diterapkan disetiap Kelurahan di Kota Tomohon, sehingga semua Kelurahan akan menjadi Kelurahan cinta dan sadar pentingnya statistik bagi Pembangunan Daerah,” katanya.

Untuk itu, perlu koordinasi berkelanjutan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta Perangkat Daerah terkait pembinaan pengembangan program di seluruh Kota Tomohon.

“Camat dan Lurah harus memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat dalam memberikan data akurat dan terpercaya. Sehinggga data yang terkumpulkan bermanfaat untuk peningkatan kualitas pelayanan pemerintah, peningkatan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Acara dilangsungkan di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pinaras, kecamatan Tomohon Selatan – Tomohon.(*jopa)