Pemkot Tomohon Seriusi Penanganan Sampah Menghadapi Penilaian Adipura

TOMOHON, mejahijau.com – Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Tomohon, dilangsungkan di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Kamis (14/07/2022).

FGD soal persampahan dibuka Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LHD) Kota Tomohon John Kapoh.

Pemkot Tomohon seriusi penanganan sampah guna menghadapi penilaian Adipura. Selaras diungkapkan John Kapoh, bahwa FGD bertujuan untuk memperoleh input pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan.

“Memperoleh solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Tomohon, terutama penilaian Adipura, dalam persiapan Kota Tomohon akan menggelar even Tomohon International Flower Festival,” kata Kapoh.

Sambutan Wali Kota Tomohon yang dibacakan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut dikatakan, sampah merupakan permasalahan yang harus ditangani serius dan bersama-sama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

“Berbagai program untuk menangani permasalahan persampahan telah dilakukan baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Kota bahkan oleh pihak-pihak lain seperti LSM dan kelompok-kelompok peduli lainnya,” tegas Wawali Lumentut.

Penanganan sampah sampai saat ini belum capai hasil yang diharapkan. Amanat Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengelolaan sampah, ditargetkan berkurang 30% pada tahun 2025 dan penanganan sampah sebesar 70%.

“Pemkot Tomohon implementasikan dengan peraturan Wali Kota Nomor 30/2019 tentang kebijakan dan strategi Kota Tomohon (Jakstrada) pengelolaan sampah,” tuturnya.

Dimana tahun 2021, Kota Tomohon targetkan pengurangan sampah sebesar 13,97% (3.650,6 ton) dan penanganan sampah sebesar 73,32% (19.152,55 ton) dari perkiraan timbunan sebesar 26.136,88 ton.

Turut hadir dalam kegiatan, Direktur Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Arie Sugasri, dan Hermita Ketua Tim Smart City PT BNI Kantor Pusat Jakarta.
Tampak hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Tomohon Jeanne d’Arc Senduk-Karundeng, Ketua Umum TIFF Vonny Pangemanan, Jajaran Pemkot Tomohon.(*jopa)