oleh

Pasar Ustafu Terabaikan, Dibutuhkan Perhatian Perumda Pasar Bitung

BITUNG, mejahijau.com – Pasar Ustafu di Kampung Loyang mendapat sorotan dari Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kota Bitung.

Menurut Ketuanya La Oni, Pasar Ustafu yang menjajakan ole-ole itu sudah dua kali dibangun dan dua kali pula dilakukan rehab. Hanya saja, status pasar sampai saat ini belum ada kejelasan sama sekali.

“Pengurus KEK berharap pasar Ustafu dijadikan Pasar Ekonomi Kreatif atau Pasar Ole-Ole dimana semua pelakunya dari UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf),” ungkap La Oni saat menyambangi manajemen Perumda Pasar Kota Bitung, Jumat, 02 Juli 2022.

Adapun konsep yang ditawarkan pihaknya ke Perumda Pasar, yakni Pasar Ekraf sebagai destinasi wisata ole-ole khas masyarakat Kota Bitung.

“Di sini wisatawan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan produk souvenir dan dapat langsung membelinya di tempat,” terang La Oni.

Lanjut dia, posisi Pasar Ustafu sangat strategis di Kampung Loyang. Kampung ini cukup terkenal di tingkat nasional dengan produksi ikan fufu ciri khas kuliner Kota Bitung.

“Bukan kebetulan jika pasar ini diaktifkan menjadi destinasi wisata dan mendukung program Kota Bitung masuk nominasi UCCN bidang Gastronomy. Itu akan merangsang wisatawan lokal maupun mancanegara datang berbelanja dan berkunjung di Pasar Ustafu,” papar La Oni.

Oleh karena itu, mencapai Pasar Ustafu yang higienis dan steril, butuh kerja sama semua unsur sehingga dapat menciptakan peluang ekspor.

Ditambahkan Sekretaris KEK, Christopel Pangadilang, untuk pengembangan Pasar Ustafu khusus industri pengolahan ikan fufu sebaiknya dimaksimalkan oleh Koperasi Ekonomi Kreatif.

“Anak-anak muda yang tinggal di sekitar pasar diberdayakan, dan mengajak mereka untuk mengembangkan seni dan kreatifitas masing-masing,” jelas Christopel.

Di tempat yang sama, Dir-Ops Perumda Pasar, Victor Turambi mengatakan, dulu konsep Dinas Perindag menjadikan pasar ini bersih dan higienis.

“Dulu kosepnya seperti itu. Tetapi hanya sebatas konsep saja, realisasi tidak jalan sampai sekarang,” timpal Victor Turambi.

Dia menyebut kemungkinan Pasar Girian sebagai pesaing berat untuk memajukan Pasar Ustafu.

Dalam waktu dekat, KEK Bitung bersama Staf Khusus Bidang UMKM, berencana audiensi dengan Dinas PU terkait infrastruktur di pasar tersebut.(steven mt)