oleh

KPU-RI Pantau Perekaman KTP-El dan Aplikasi Lindungi Hakmu di Kota Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Komisioner KPU-RI pantau perekaman KTP-El dan Aplikasi Lindungi Hakmu yang dilakukan kepada warga Kota Tomohon, Jumat (08/06/2022).
Pemantauan dilakukan langsung oleh komisioner KPU-RI Betty Epsilon Idroos didampingi Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Ketua KPU Tomohon Haryanto Lasut.
Kegiatan dilaksanakan di BPU Kelurahan Kayawu, dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum, Oktavianus DS Mandagi mewakili Wali Kota Tomohon.
Selain perekaman KTP-EL, Komisioner KPU-RI Betty Epsilon Idroos juga memperkenalkan pentingnya aplikasi Lindungi Hakmu.
Sambutan Wali Kota dibacakan Asisten Administrasi Umum ini, menyampaikan apresiasi atas kunjungan komisioner KPU-RI ke Kota Tomohon.
Mandagi sedikit mempromosi, Tomohon adalah kota yang penduduknya terkenal ramah. Dan perlindungan terhadap Hak-Hak Sipil Penduduk melalui perekaman KTP-EL sebaiknya dipercepat.
Kota Tomohon berada pada peringkat kedua prosentase perekaman KTP-EL di Provinsi Sulawesi Utara, yakni 94,74% atau 74.872 jiwa dari jumlah Wajib KTP-EL yaitu 79.048.
Sehingga dipastikan akan mengalami kenaikan jumlah penduduk, termasuk jumlah kepemilikan dokumen wajib KTP dan wajib pilih pada Pemilu tahun 2024.
Dari hasil itu, masih terdapat 4.176 jiwa yang belum memiliki KTP-EL atau belum melakukan perekaman.
Oleh karena itu, instansi terkait melakukan jemput bola perekaman baik di sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan, guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Pemkot Tomohon berterima kasih kepada komisioner KPU Tomohon yang telah melaksanakan kegiatan pengenalan aplikasi lindungi Hakmu disertai perekaman KTP-EL.
“Harapan kami kegiatan ini memberi dampak strategis terhadap akurasi data pemilih dan daftar penduduk potensial pemilih Pemilu,” kata Mandagi.
Dan untuk mendukung kegiatan ini, kata dia, diperlukan sinergitas dengan instansi terkait kependudukan, partai politik, maupun instansi terkait lainnya.
Kesempatan itu, Betty Epsilon Idroos langsung perkenalkan aplikasi Peduli Hakmu dan melihat langsung jalannya perekaman KTP-EL.

Hajatan dihadiri warga Kelurahan Kayawu, dan juga tampak jajaran Dinas Dukcapil Tomohon yang melaksanakan Perekaman KTP-EL. (*jopa)