oleh

HUT Desa Bentung, Rinny Tamuntuan Disambut Adat Budaya Setempat

TAHUNA, mejahijau.com – Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan berkesempatan hadir pada Hari Ulang Tahun atau HUT Desa Bentung yang ke 232, Jumat, 8 Juli 2022.

Rinny tak sendirian. Ia datang bersama rombongannya. Setiba di Kampung Bentung, Rinny Tamuntuan Disambut Adat Budaya masyarakat setempat.

Penjabat Bupati ini disambut kata-kata mendangeng sake atau menjamu tamu) dibarengi dengan tarian Gunde dan tari Upase yang diperankan anak-anak desa.

Tari Gunde ditampilkan bocah-bocah perempuan kenakan laku tepu atau baju adat, sembari ayunkan sapu-tangan yang gelantung di ujung jari.

Setelah itu tampil Tarian Upase yang dimainkan bocah laki-laki. Tangan kanan bocah penari tampak memegang parang, sementara tangan kirinya memegang erat alat penangkis senjata.

Penjabat Bupati Rinny Tamuntuan dalam sambutannya mengucapkan selamat hari ulang tahun Kampung Bentung.

Ia berjanji bocah-bocah yang tampil pada perayaan Kampung Bentung, juga akan tampil di Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

“Saya meminta kepada Kapitalaung sekiranya anak-anak yang sudah tampil tadi, dapat hadir pada perayaan HAN yang akan dilaksanakan di Tahuna,” ucap Rinny.

Terpantau acara tersebut ikut dihadiri tokoh-tokoh masyarakat serta warga kampung tersebut dengan mengenaka pakaian adat daerah.

Saat ini Kampung Bentung dipimpin oleh Kapitalaung atau Kepala Desa bernama Abdulrahim Manopo.(gustaf)