oleh

Wali Kota Caroll Senduk Gaungkan Pembumian Pancasila

TOMOHON, mejahijau.com – Pembumian Pancasila secara gencar terus digaungkan oleh Pemerintah Kota Tomohon dibawa kepemimpinan Walikota Caroll Joram Azarias Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE.

Kegiatan Sosialisasi Pembumian Pancasila digelar di Emera Hills Tomohon, Selasa 7 Juni 2022.

Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon memberi apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan Pembumian Pancasila harus terus digaungkan, khususnya kita yang tinggal di Kota Tomohon untuk lebih menguatkan dan mempererat rasa toleransi dan rasa cinta akan tanah air,” terangnya.

Sosialisasi ini sangat penting lintas generasi, karena Pancasila merupakan ideologi atau pandangan hidup bangsa Indonesia, dan sangat luar biasa karena ideologi seperti ini satu-satunya di dunia.

Bahkan menurutnya, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang paripurna, karena dalam Pancasila mengandung semua unsur penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karena itu sangat penting untuk kita selalu membumikan Pancasila, Pancasila harus di jiwai, harus masuk dalam relung hati. Banyak contoh di luar sana karena kurangnya rasa cinta tanah air, kurangnya pemahaman dan pengamalan Pancasila hingga memicu terjadinya tindakan-tindakan bahkan gerakan melawan hukum, radikalisme, dan intoleran,” tukasnya.

“Semoga kegiatan pembumian Pancasila ini berdampak luar biasa, kita resapi agar sunguh-sunguh Pancasila yang digali oleh bung Karno sejak tahun 1918 dan di lahirkan pada 1 Juni 1945 ini dapat menjadi pedoman dan petunjuk dalam menjalani keseharian hidup manusia Indonesia baik dalam berkeluarga, bermasyarakat maupun berbangsa,” pungkasnya.

Sebagai narasumber adalah Noldy Lengkong, dan turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronny Lumowa SSos MSi, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs O D S Mandagi MAP, serta para peserta dari berbagai profesi dalam masyarakat, kaum millenial serta siswa-siswi SMA.(*jopa)