Tomohon Raih Penghargaan Terbaik Kedua PAD Tertinggi Tahun 2021

JAKARTA, mejahijau.com – Menteri Dalam Negeri RI Hi Tito Karnavian menyerahkan langsung Penghargaan Terbaik Kedua Pemerintah Daerah dengan Peningkatan PAD Tertinggi Tahun 2020 ke 2021 kepada Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH untuk Kategori Kota dari pihak Kemendagri, yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis, 2 Juni 2022.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah serta peningkatan kualitas nelanja daerah dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2022 dengan tema Percepatan Realisasi APBD dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri serta penganugerahan Realisasi APBD Tahun 2022.

Terdapat 4 kategori penghargaan dari Kemendagri, yaitu Realamisasi Pendapatan Daerah Tertinggi, Realisasi Belanja Daerah Tertinggi, Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi dan Program Taspen (Taspen Award).

Untuk setiap kategori diberikan masing-masing kepada 5 pemerintah Provinsi, 5 Pemerintah Kabupaten dan 5 Pemerintah Kota.

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutanya mengatakan, uang merupakan darahnya sebuah organisasi sehingga organisasi tidak akan berjalan jika tidak ada uang.

“Namun demikian, uang yang dimiliki harus direalisasikan dengan baik dari tahap perencanaan, penyaluran dan pertanggungjawabannya sehingga organisasi bisa berjalan secara berkesinambungan dan baik,” kata Mendagri.

Dan Kota Tomohon mendapat penghargaan terbaik kedua dalam rangka Peningkatan PAD Tertinggi Tahun 2020 ke 2021.

Menurut data Laporan Realisasi Anggaran (LRA) tahun 2020 dari Rp 37,07 miliar meningkat tahun 2021 Rp 59,7 miliar.

Berarti ada peningkatan sebesar 60%, dimana realisasi Pajak Daerah tahun 2020 Rp 21,06 miliar meningkat menjadi Rp 25,48 miliar di tahun 2021 terjadi peningkatan sebesar 20,96 %.

Dan Retribusi Daerah tahun 2020 diangka Rp 7,7 miliar terjadi peningkatan fantastis pada tahun 2021 Rp 29,73 miliar hingga 282 %.

Usai menerima penghargaan, Walikota Tomohon Caroll Senduk begitu penuh sukacita mengaku senang dan berterima kasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kerjasama selama ini.

“Kita semua patut berbangga atas penghargaan ini, penghargaan ini harusnya mampu mendorong kita untuk dapat meningkatkan PAD di tahun-tahun yang akan datang,” kata Caroll.

Terlebih saat ini kondisi pandemi Covid-19 yang sudah melandai sehingga kondisi ekonomi mulai membaik.

Sektor pariwisata kembali berangsur pulih dari efek pandemi maka PAD harusnya dapat meningkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fathoni, Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih, dan Kepala Daerah Gubernur, bupati dan walikota.
Walikota Tomohon didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Drs Gerardus E Mogi MAP, Kepala Bidang Akuntansi Cristofel S Manangka SE.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *