oleh

Talkshow PUPR Kota Manado Bahas Tata Ruang Berkualitas

MANADO, mejahijau.com – Gelaran talkshow Dinas Kominfo Kota Manado bersama Staf Khusus Walikota Manado dan Aliansi Pers Manado (APM) dilangsungkan di Museum Of Tanta Mien Tikala Kumaraka, Jumat, 10 Juni 2022.

Talkshow dipandu Felix Panelewen bertemakan “Penataan Kota Berkelanjutan“, menghadirkan narasumber Meyliana Hompas selaku Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Manado.

Narasumber lain yakni Staf Khusus Walikota Manado Edbert Mirah yang membidangi pengkajian tata tuang.

Pembahasan narasumber Meyliana Hompas salah satunya memaparkan mengenai perencanaan yang berkualitas.

Dasarnya, rencana tata ruang yang berkualitas jika penyusunannya dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab oleh ahli profesional dengan melibatkan masyarakat.

“Pemangku kepentingan yang memiliki data-data lengkap dan dapat dilakukan revisi dalam waktu 5 tahun,” ucap Meyliana.

Ia menambahkan, penataan ruang yang tertib serta mampu mengendalikan ruang merupakan wujud dari rencana tata ruang (RTR).

“Rencana Tata Ruang bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan fisik dan sosial serta masyarakatnya,” ungkap Meyliana Hompas.

Sementara Staf Khusus Edberd Mirah mengulas soal keunikan Kota Manado yang menjadi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Menurutnya pembangunan Kota Manado harus melalui aspek tatanan kota pesisir.

“Kota Manado ini unik karena berada di pesisir pantai. Dengan keunikannya itu, banyak permasalahan yang terjadi, antara lain banjir pada beberapa tahun yang lalu,” ucap Edberd Mirah.

Mengatasinya, kata dia, Wali Kota Andrei dan Wakil Wali Kota Richard Sualang bersinergi dengan Pemerintah Pusat gencar melakukan normalisasi saluran air  (drainase) termasuk berharap banyak pada bendungan Kuwil.(ino)