oleh

Rakyat Sangihe Kebagian 5000 Unit Listrik Tenaga Surya

TAHUNA, mejahijau.com – Desa-desa terpencil di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan segera menerima hibah lampu penerangan jalan enerji solar home system atau listrik tenaga surya.

Hal itu pasca Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah dengan Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages (LPP-FBDH) tentang Hibah Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Bagi Desa Tertinggal.

Hibah ini diserahkan dalam rangka mensukseskan program pemerintah “Indonesia Terang” dengan menggunakan tenaga surya yang hemat energi bagi warga yang belum mendapatkan akses listrik.

Tujuannya untuk membantu masyarakat yang belum mendapatkan akses penerangan jalan umum di Desa Tertinggal/Daerah terpencil. Sangihe sendiri menjadi salah satu yang diprioritaskan karena merupakan daerah yang ada di perbatasan.

Adapun pembiayaan dalam pengadaan, distribusi dan pemasangan PJU-TS ini bersumber dari LPP FBDH sendiri.

Menyusul penandatanganan ini LPP FBDH akan melaksanakan survey penentuan titik koordinat dan peta jaringan pemasangan PJU-TS yang menyesuaikan kebutuhan Pemerintah Kepulauan Sangihe.

Pemerintah sendiri memprioritaskan pemasangan lampu jalan ini di lokasi-lokasi yang sangat membutuhkan penerangan jalan tersebar di seluruh kecamatan.

Rencana jumlah bantuan lampu PJU-TS yang disediakan untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe sebanyak 5000 unit. Hibah listrik tenaga surya ini dilakukan secara bertahap sampai tahun 2025 mendatang.

dr. Rinny Tamuntuan selaku Pj Bupati Kepulauan Sangihe mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada LPP FBDH dibawah pimpinan Ketua Umum Citro Panuwun Al-Abdussalam Aziz yang telah memberikan bantuan hibah tersebut.

Ini menjadi salah satu yang dibutuhkan masyarakat Sangihe dalam menunjang berbagai aktifitas masyarakat terlebih khusus pada malam hari.
Bagi kampung-kampung yang minim penerangan, lampu jalan dengan menggunakan energi surya ini dapat membantu masyarakat dalam kegiatan seperti ketika anak-anak belajar.

Diharapkan program ini akan menjadikan Sangihe lebih bersinar, Nusantara Bersinar. Saat acara penandatanganan Ketua LPP FBDH diwakili oleh Sekretaris Jenderal LPP FBDH, Hi Saiful Anwar HS.

Acara berlangsung di Kantor Ketua Umum Rakyat Nusantara Bersinar LPP FBDH Gedung The Vida Lantai 5 Jalan Raya Perjuangan Nomor 8 Kebon Jeruk, Jakarta Barat.(gustaf)