oleh

Perjuangan Veteran Membuka Gerbang Masa Depan Bangsa

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi menghadiri Pelantikan Kepengurusan Pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Tomohon Periode 2021-2026 di Aula Kabar Baik Tomohon, Kamis, 9 Juni 2022.

Ketua DPD LVRI Provinsi Sulawesi Utara Kolonel CKM (Purn) Wim Damopolii melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang LVRI Kota Tomohon Periode 2021-2026 yang diketuai Chinse Lasut serta Pengurus Dewan Pertimbangan Cabang LVRI Kota Tomohon periode 2021-2026.

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan Kaban Kesbangpol tegas mengatakan, LVRI merupakan wadah perkumpulan para pejuang bangsa yang memperjuangkan, membela, dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, kita patut memberi apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para veteran yang tetap memiliki tekad yang sama dengan generasi muda untuk selalu berjuang, membela dan melanjutkan kemerdekaan bangsa indonesia,” kata Lumowa.

“Kehadiran mereka (veteran) yang tetap eksis untuk menyatakan kepada kita bahwa tetap semangat pantang menyerah dalam mempertahankan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air,” sebutnya.

Lanjut dia, perjuangan para veteran membuka gerbang masa depan yang lebih baik. Tidak cukup ucapan terima kasih diberikan kepada para pejuang pembela kemerdekaan tanpa diisi dengan membangun bangsa ini menjadi lebih maju dan hebat.

“Jika pada saat zaman kemerdekaan taruhannya adalah jiwa dan raga, maka saat ini menjadi tantangan kepada kita untuk memperjuangkan identitas bangsa melalui karakter kerja yang handal, kreatif dan inovatif untuk mampu ikut dalam kancah persaingan dunia,” jelas Lumowa.

Para pengurus yang dilantik sekiranya dapat melaksankan tugas dengan baik agar dapat membina potensi nasional veteran dalam rangka ketahanan nasional serta perjuangan bangsa demi kelestarian negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Diharapkan kehadiran pengurus LVRI Kota Tomohon akan menjembatani kepentingan LVRI tapi juga dapat menjadi motivator dan dinamisator bagi masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa atas dasar kekeluargaan yang saling asah, asih dan asuh serta berperan aktif dalam menyukseskan pembangunan daerah sebagai bagian dari pembangunan nasional.

“Saya mengajak kepada LVRI Kota Tomohon untuk bersama mendukung program dan kegiatan pemerintah untuk Kota Tomohon yang makin maju, berdaya saing dan sejahtera,” urainya.

“Akhirnya dengan semangat perjuangan bangsa, atasnama pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat menjalankan tugas kepada pengurus dewan pimpinan cabang LVRI Kota Tomohon periode 2021-2026,” pungkasnya.

Acara dihadiri oleh Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf Vino Onibala, Perwakilan Kejaksaan Negeri Tomohon, Pengurus DPD LVRI Provinsi Sulawesi Utara, dan Pengurus DPC LVRI Kota Tomohon yang baru dilantik dan Anggota Veteran Kota Tomohon.(*jopa)