Makan Bareng 91 Tahanan, AKBP Kusuma Irawan Ingatkan Jangan Membenci Polisi

BITUNG, mejahijau.com – Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, pada tanggal 1 Juli mendatang, Kapolres Bitung bersama jajaran menggelar acara makan bersama ke 91 tahanan.

Acara dipimpin langsung Kapolres AKBP Alam Kusuma Irawan dalam sambutannya mengatakan, makan siang bersama ini adalah salah satu wujud dari rasa syukur menjelang HUT Bhayangkara ke-76.

“Kami harus ingat juga terhadap saudara-saudara yang ada di ruang tahanan Polres Bitung. Kami ingin saudara-saudara juga merasakan sukacita perayaan Hari Bhayangkara,” ujar AKBP Kusuma Irawan.

Menurutnya, Polres Bitung tetap menganggap para tahanan sebagai saudara dan keluarga yang harus dibina serta diarahkan agar menjadi orang yang berguna suatu hari nanti.

“Saya harapkan melalui momen sederhana ini, para tahanan bisa tergerak hatinya. Nanti kalau saudara-saudara sudah divonis dan menjalani hukuman di Lapas, jalanilah hukuman dengan baik sehingga nanti akan ada pengurangan hukuman atau remisi,” pesannya.

Setelah keluar dari Lapas, Kapolres Bitung berharap, para tahanan menjauhi segala perbuatan yang melanggar hukum.

“Tolong saudara-saudara jangan menjadi residivis atau melakukan perbuatan berulang atau tindak pidana lainnya. Jauhi dan hindari miras, karena miras adalah salah satu penyebab kriminalitas di wilayah Kota Bitung,” imbaunya.

AKBP Alam Kusuma juga mengajak para tahanan untuk bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat hidup ini.

“Wujud syukur itu salah satunya berbuat baik. Harus berusaha dan yakin Tuhan akan mengubah nasib kita. Selama kita masih diberi kesempatan, kita harus berjuang, jangan putus asa. Jalani hidup dengan penuh semangat, pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik,” katanya mengingatkan para tahanan.

Kapolres AKBP Kusuma Irawan kesempatan itu berharap polisi akan semakin dicintai oleh masyarakat bukan dibenci.

“Jadi, saudara-saudara saat ini berhadapan dengan hukum. Itu bukan kemauan kita, karena memang ada sanksi hukum jika saudara-saudara melakukan tindak pidana, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Jangan membenci kepolisian yang menangkap saudara-saudara. Tetap cintai polisi, karena siapa lagi yang akan menjaga keamanan dan ketertiban kalau bukan polisi termasuk saudara-saudara disini,” pungkasnya.

Hajatan dilangsung di Rutan Polres Bitung dihadiri Wakapolres Kompol Andri Permana, Kasat Tahti IPTU Sonny Lethulur, Kabag Ops Kompol Jendri Lewan, Kabag SDM AKBP Felix Arama, Kasat Lantas AKP Awaludin Puhi, Kasi Propam IPTU A Anggai dan Kasi Humas IPDA Iwan Setiyabudi.(steven mt)