oleh

Legislative SulutGo Expo Wahana Ketemu Wakil Rakyat

MANADO, mejahijau.com – Sebanyak 13 daerah meramaikan legislative SulutGo Expo ke-10 tahun 2022 yang dibuka di Atrium Manthos, Kota Manado, Selasa, 31 Mei 2022.

Legislative SulutGo Expo diselenggarakan dari Selasa, 31 Mei sampai Jumat, 03 Juni 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Janni Kopalit kepada wartawan mengatakan, mereka yang hadir khusus dari Sulawesi Utara (Sulut), ada 11 peserta yaitu DPRD Sulut, DPRD Kota Manado, DPRD Minahasa, DPRD Bitung, DPRD Sitaro, DPRD Sangihe, DPRD Talaud, DPRD Boltim, DPRD Bolmut, DPRD Bolmong, DPRD Kotamobagu, serta DPRD Gorontalo dan DPRD Boalemo.

“Memang ada yang belum hadir karena masih dalam suasana Covid-19. Jadi ada beberapa daerah yang memang belum teranggarkan. Mudah-mudahan tahun depan mereka bisa ikut,” kata Kopalit.

Lanjut dia, tujuan utama Legislative SulutGo Expo adalah untuk mempertemukan para wakil rakyat dengan masyarakat walaupun memang kenyataannya sering ketemu.

Namun untuk saat ini, kata dia, melalui kegiatan legislative SulutGo Expo ada sedikit berbeda, yaitu hampir semua semi dewan itu pindah ke sini (lokasi kegiatan).

“Jadi selama empat hari akan pindah ke sini, untuk memperlihatkan program-program DPRD, misalnya kunker apa tema-nya dan apa hasilnya. Itu yang penting,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kesbangpol Sulut Ferry Jones Sangian mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat membuka kegiatan mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulut menyambut baik dan merespon positif pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus mengapresiasi kepada segenap pihak yang telah mendukung hingga kegiatan boleh terlaksana.

“Kiranya kegiatan ini dapat menambah pemahaman kita serta memantapkan tekad dan komitmen bersama dalam membangun bangsa dan daerah yang kita cintai,” ucap Sangian.

Menurutnya, badan legislatif mencerminkan suatu peran fungsi yang sangat penting dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan istilah lain dinamakan DPRD yang merupakan unsur penyelenggara pemerintahan.

“Sebagai wakil rakyat dengan fungsi yang sangat kompleks, yakni legislasi, pengawasan, dan anggaran,- apapun sebutannya badan ini merupakan simbol dari kedaulatan rakyat. Artinya, eksistensi badan legilatif merupakan perpanjangan tangan rakyat untuk menggapai cita-cita dan harapan bersama,” pungkasnya.

Di hari pertama, kalangan DPRD Kota Manado dihadiri oleh Jimmy Gosal, Christy Masengi, serta Sekretaris Dewan dan staf sekretariat.(ino)