oleh

Cari Pejabat Profesional, CSWL Berdayakan ‘Assesment Center’

TOMOHON, mejahijau.com – Memasang Pejabat Administrator profesional untuk menduduki jabatan strategis, Pemkot Tomohon berdayakan Assessment Center atau talent poll, Selasa, 28 Juni 2022.

Assessment pejabat dimaksimalkan Wali Kota Caroll JA Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut di ruang CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD).

Sambutan Wali Kota Tomohon dibacakan Sekot Edwin Roring dikatakan, untuk memenuhi pejabat profesional menduduki jabatan strategis antaranya menyediakan data atau profil pejabat.

“Penyediaan data atau profil calon untuk penilaian potensi dan kompetensi pejabat administrator guna menyusun talent pool pejabat administrator yang teknisnya akan dilaksanakan oleh BKPSDMD Kota Tomohon,” ujar Roring.

Lanjut dia, hasil talent pool akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya.

Adapun tujuan pelaksanaan talent pool untuk mendapatkan penilaian potensi dan kompetensi serta data dan pejabat administrator yang diperlukan untuk menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut.

“Pengembangan kompetensi ASN tidak cukup, oleh karena itu harus diimbangi juga dengan potensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Mantan Sekretaris Kabupaten Kepulauan Sangihe mengatakan, kegiatan ini diharapkan memberi manfaat bagi peserta dan instansi pemerintah.

Para peserta dapat merencanakan pengembangan diri sendiri atau merencanakan karirnya. Sedangkan pemerintah akan memiliki database profil potensi dan kompetensi para pejabat administrator.

“Selain itu data talent pool dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, berbasis merit, serta menjadi acuan pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung, Tim Asesor Himpunan Psikologi Indonesia, serta para pejabat administrator dari berbagai OPD lingkup Pemerintah Kota Tomohon.(*jopa)