oleh

6000-an Kaum Bapa GMIM Padati HAPSA dan POR di Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Pembukaan Hari Persatuan (HAPSA) dan Pekan Olah Raga (POR) Pria Kaum Bapa Sinode GMIM Tahun 2022, diawali dengan Ibadah Agung yang dipimpin Khadim Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina PhD di Stadion Babe Palar Tomohon, Jumat, 10 Juni 2022.

Walikota Tomohon Penatua Carroll Joram Azarias Senduk SH sebagai Ketua Umum Panitia dalam laporannya mengatakan, HAPSA dan POR PKB GMIM Tahun 2022  dilaksanakan di wilayah Kakaskasen (7 Jemaat) dan 2 Jemaat di Wilayah Lokon Empung dengan melibatkan seluruh Komisi PKB GMIM Rayon Tomohon.

Kegiatan dihelat dari tanggal 10 Juni sampai 12 Juni 2022, terangkai acara Ibadah Agung serta kegiatan Olah Raga, Kesenian, Cerdas Cermat Alkitab, Baca Mazmur, serta kegiatan budaya.

“Total kegiatan yang akan dilaksanakan adalah 27 jenis kategori dan 2 side iven dengan perkiraan 6000-an peserta dan masih akan bertambah karena masih ada kegiatan yang masih membuka pendaftaran,” kata Caroll dalam laporannya.

Selaku Ketua Umum dan Walikota Tomohon, Caroll Senduk mengucapkan selamat bertanding dan selamat berlomba.

“Selamat berlomba, biar segala kemuliaan hanya untuk Tuhan,” ucap Penatua Caroll Senduk.

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara yang juga Ketua Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Olly Dondokambey SE menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, serta selaku Penasehat PKB GMIM, mengucapkan selamat merayakan Hari Persatuan (HAPSA) P/KB GMIM tahun 2022.

“Kiranya momentum HAPSA ini, akan semakin memotivasi segenap komponen PKB GMIM untuk meningkatkan kedewasaan iman yang teraktualisasi dalam aktivitas pelayanan, kesaksian dan persekutuan guna kemuliaan nama Tuhan,” pesan Olly Dondokambey.

Kata dia, Pekan Olah Raga PKB GMIM kiranya akan memperkuat kebersamaan dan meningkatkan spirit seluruh PKB GMIM dalam pelayanan, serta kontribusi dalam pembangunan bangsa dan daerah.

“Saya mengharapkan perayaan HAPSA PKB saat ini, mampu dimaknai tidak hanya sebatas seremonial semata, namun dapat dijadikan sebagai momentum untuk memantapkan peranan dan tanggung jawab sebagai salah satu pilar Gereja, memantapkan penerapan kepemimpinan pelayanan di tengah-tengah keluarga dan masyarakat, serta meningkatkan kepekaan sosial dan rasa solidaritas dalam men-solusi-kan berbagai permasalahan yang ada dalam masyarakat,” kata Gubernur Olly.

Momentum HAPSA ini, lanjut gubernur, sangat tepat untuk mengevaluasi, mengintrospeksi dan merevitalisasi peran dan fungsi PKB sebagai organisasi yang inklusif, dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat dan bernegara.

“Menyatukan komitmen bersama, seraya melakukan pembaharuan ke arah yang lebih baik, untuk dapat berperan lebih menyeluruh lagi dan menyentuh berbagai realitas kehidupan,” katanya.

Menurutnya, PKB GMIM kedepan harus mampu menjalankan peran secara optimal menjadi teladan kepada anak di dalam keluarga, serta berupaya memberi pencerahan kepada generasi muda gereja, baik etik, moral dan spiritual berdasar nilai-nilai kekristenan, maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sehingga generasi muda GMIM tidak akan kehilangan ciri luhur, tetapi mampu menjadi penerus dalam aktualisasi Tugas Panggilan Gereja yakni Bersekutu, Bersaksi dan Melayani, bahkan nantinya dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan yang dijalankan oleh Pemerintah.

“Seiring dengan dirangkaikannya Pembukaan Pekan Olah Raga PKB GMIM Tahun 2022 pada hari ini, saya turut mengharapkan pelaksanaannya berjalan baik, dan seluruh peserta dapat berkompetisi serta menjunjung tinggi sportifitas pada bidang olahraga maupun kesenian. Mampu menampilkan yang terbaik, sehingga nantinya memperoleh hasil maksimal dan membanggakan,” pungkas Gubernur Olly.

Pembukan kegiatan dihadiri Kapolda Irjen Pol Drs Mulyatno SH MM, Kepala BNN Provinsi Sulawesi Utara Brigjen Pol Drs Victor Lasut MM, Wakajati Sulut Fredy Runtu SH, jajaran BPMS GMIM, Walikota Bitung selaku Ketua Komisi Pelayanan PKB Sinode GMIM Pnt Ir Maurits Mantiri MM, Bupati Minahasa Tenggara selaku Panglima Panji Yosua PKB GMIM James Sumendap SH, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan.

Tampak hadir juga Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Bupati Minahasa Utara, Wakil Bupati Minahasa, Wakil Wali Kota Bitung, Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota se- Sulawesi Utara, Forkopimda Kota Tomohon, Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu drg Jeanne d’Arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Daerah Kota Tomohon selaku Ketua Harian Panitia HAPSA dan POR PKB, serta seluruh Pria Kaum Bapa Sinode GMIM.(*jopa)