oleh

Ujicoba Aplikasi QRIS, Andrei Angouw Tunjuk Kecamatan Sario

MANADO, mejahijau.com – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang, Selasa pagi, 31 Mei 2022, menghadiri launching Pembayaran Retribusi Kebersihan dengan menggunakan QRIS.

Hajatan digelar di aula Serbaguna Pemerintah Kota Manado ini, merupakan tindak-lanjut dari SK Wali Kota Manado Nomor 155/KEP/B.03/Bapenda/2021 tanggal 2 Juni 2021 tentang Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kota Manado.

Dianggap perlu percepatan pelaksanaan elektronifikasi pada transaksi pemerintah daerah sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tata Cara Implementasi Elektronifikasi Transaksi Daerah.

Acara diawali laporan Kepala Bapenda Kota Manado, Steven Rende yang melapor tentang program QRIS serta TP2DD yang sedang dan akan dilaksanakan.

Selesai laporan Kepala Bapenda, acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat.

Sementara Wali Kota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya menyinggung tentang bagaimana melakukan perubahan agar tak ketinggalan jaman.

QRIS bagi Wali Kota merupakan sistem atau teknologi baru dalam rangka menunjang program dan kegiatan pemerintahan termasuk memudahkan aktifitas masyarakat membayar retribusi kebersihan.

Wali Kota Manado berharap program QRIS sukses dan ujicobanya dimulai dari Kecamatan Sario. Jika ujicoba di Kecamatan Sario berhasil, sedianya akan diterapkan di kecamatan-kecamatan lainnya.

Wali Kota Andrei Angouw menegaskan soal retribusi kebersihan dapat menerapkan QRIS lebih dinamis. Dan penerapan sistim ini untuk kebaikan semua pihak dan menjadi semakin efisien.

“Semangatnya adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi supaya bisa meningkatkan daya saing serta efisien dalam mengelola Kota Manado,” jelas Andrei Angouw.

Selesai sambutan Wali Kota dilaksanakan penandatanganan MoU antara Wali Kota Manado dengan BI serta Bank SulutGo.

Acara dilanjutkan dengan Launching QRIS yang ditandai dengan SCAN yang dilakukan Wali Kota Manado.

Acara dilanjutkan dengan penyematan Pin kepada perwakilan pelaksana dilapangan untuk program QRIS.

Hadir dalam kegiatan ini, para asisten pemerintah Kota, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat, Deputi BI Perwakilan Sulut Mawardi, pimpinan BI Cabang Sulut lainnya, perwakilan dari Bank SulutGo yakni Direktur Kepatuhan, para camat dan undangan lainnya.(ino)