oleh

Rinny Tamuntuan Disambut dengan Prosesi Adat Sangihe

TAHUNA, mejahijau.com – Penjabat Bupati Kepulaun Sangihe, Rinny Tamuntuan setibanya di Pelabuhan Tahuna, Jumat, 27 Mei 2022, sedianya dijemput secara adat.

Sesuai rencana, Penjabat Bupati Sangihe tiba di Pelabuhan Tahuna sekira Pukul 05.30 Wita. Kedatangan Rinny disambut dengan pengalungan bunga. Kemudian adik ipar Gubernur Olly Dondokambey ini akan dikenakan stola diiringi tarian Gunde dan tari Upase.

Setelah prosesi penjemputan secara adat, Rinny Tamuntuan akan diarak mengelilingi Kota Tahuna dengan kendaraan roda empat untuk menyapa masyarakat.

Badan Adat Manireda Tundung Tampungang Lawo memaksimalkan prosesi penjemputan Penjabat Bupati Sangihe.

Setibanya di halaman rumah jabatan bupati, Rinny Tamuntuan akan melewati prosesi adat mendangeng sake atau acara mempersilahkan naik ke rumah adat Papanuhung Santiagho Tampungang Lawo.

“Penjemputan Penjabat Bupati akan dilakukan masyarakat secara adat,” ungkap Pendeta Patras Madonsa MTh didampingi Ryvo guru di Sangihe kepada redaksi mejahijau.com, Kamis, 26 Mei 2022.

Dan persiapan penjemputan Penjabat Bupati Sangihe, kata Madonsa dan Ryvo, semuanya sudah rampung setelah beberapa kali rapat Badan Adat Manireda Tundung Tampungang Lawo.(gustaf)