oleh

PKK Sulut dan PKK Tomohon Sosialisasi Tertib Administrasi Program

TOMOHON, mejahijau.com – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Provinsi Sulawesi Utara, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, menggelar Sosialisasi Tertib Administrasi Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di OFG (Okoy Flower Garden) Tomohon, Rabu, 25 Mei 2022.

Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan saat membuka kegiatan mengatakan, untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuan gerakan PKK, maka perlu pendataan yang tepat, akurat, dan dapat dipertanggung-jawabkan.

“Seperti data warga, data keluarga, data kegiatan baik di kelompok PKK di Sekretariat dan data Pokja-Pokja,” ujar Rita.

Rita Tamuntuan didampingi Sekretaris TP-PKK dr Kartika D Kandow-Tanos MARS mengtakan, dalam upaya penyelenggaraan tertib administrasi, perlu adanya pembinaan secara berjenjang dan ini perlu dilakukan secara terus menerus.

“Para peserta diajak untuk dapat melakukan pendataan PKK dengan panduan yang kita pergunakan secara nasional, yaitu sesuai hasil Rakernas IX PKK tahun 2021,” ungkap istri Gubernur Olly Dondokambey.

Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Provinsi Sulut Dr Jemmy Kumendong MSi sebagai unsur panitia pelaksana kegiatan menjelaskan, tentang maksud dan tujuan kegiatan.

“Tujuannya agar Tim Penggerak PKK setiap jenjang dan Kader PKK mengetahui dan memahami penyelenggaraan administrasi PKK secara baik dan benar,” jelas Kumendong.

Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeanne d’Arc Senduk-Karundeng didampingi Sekretaris TP PKK Eleonora Lumentut-Sangi saat penyampaian materi menjelaskan, bahwa TP PKK sebagai mitra Pemerintah, memiliki peranan penting dalam bersama-sama menyukseskan berbagai Program Pemerintah.

“Sesuai dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020, menyebutkan bahwa gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari- oleh- dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan,” terang Jeanne d’Arc di hadapan peserta kegiatan yang terdiri dari PKK Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Tomohon.

Hadir sekaligus pemateri dalam kegiatan, jajaran PKK Provinsi bersama jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Provinsi Sulut.(*jopa)