MoU dengan BSSN, Pemkot Tomohon Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Efektif dan Efesien

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon, Rabu, 25 Mei 2022, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) bersama 15 instansi lainnya tentang pemanfaatan Sertifikat Elektronik.

Penandatanganan dilakukan Walikota Caroll Joram Azarias Senduk SH dengan pihak BSSN di aula BSSN, Depok, Jawa Barat.

Perjanjian antaranya berisikan, BSSN menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan Sertifikat Elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik masing-masing instansi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan sertifikat elektronik.

Melalui kerjasama ini pemanfaatan sertifikat elektronik khusus Pemerintah Kota Tomohon, menjadi kebutuhan dalam melaksanakan aktivitas perkantoran untuk pengelolaan administrasi dan pelayanan publik pemerintah dengan penandatangan dokumen yang lebih mudah, cepat, aman, legal dimana saja kapan saja dapat dilakukan dengan penandatanganan secara elektronik.

Drs Luki Hermawan MSi selaku Wakil Kepala BSSN dalam sambutannya mengatakan, Pemanfaatan sertifikat elektronik diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses birokrasi, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang mudah di akses, tidak berbelit dalam proses data dan tersedianya data yang akurat.

“BSSN siap mendukung pelaksanaan penerbitan sertifikat elektronik, penyediaan pendampingan, pemberian dukungan teknis apa bila terjadi kesalahan penggunaan serta menyediakan dan mengevaluasi pelaksanaan certificate policy,” jelas Hermawan.

Menurut Walikota Tomohon Caroll JA Senduk, penandatangan kerjasama juga dilakukan BSeR BSSN dengan pemerintah 15 kabupaten/kota lainnya, berdasarkan Peraturan Presiden nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Transformasi digital ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas yang lebih efektif, efisiensi waktu & biaya dalam penyelenggaraan kegiatan Pemerintah Kota Tomohon khusunya pelayanan kepada masyarakat,” jelas Caroll.

Turut hadir, Kepala BSeR Jonathan Gerhard Tarigan, Sekertaris Kota Edwin Roring SE ME, Kadis Kominfo Novi Politon SE MM, Kabag Protokol & Komunikasi pimpinan Christo Kalumata SSTP, Kabag Umum Samuel HSD Roeroe SSTP, dan Kabid Penyelengaraan Informatika dan Persandian Nonny Petrus SS.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *