oleh

Fakultas Pertanian Unsrat Diajak Berdayakan Potensi Petani Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE membuka Acara Dies Natalis Fakultas Pertanian Ke-62 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dirangkaikan Temu Wicara dengan Kelompok Tani Krisan, Selasa, 24 Mei 2022.

Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsrat dilaksanakan di Terung Kabasaran Kolongan Satu dirangkaikan Temu Wicara dengan Kelompok Tani Krisan, Tomohon.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Sulut Dr Sesilia Wanget bersama tim yang datang.

Sambutan Walikota Tomohon yang dibacakan Wakil Walikota Wenny Lumentut ditegaskan, sebagai lembaga penyelenggara pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat, Unsrat sudah banyak memberikan kontribusi atas peningkatan mutu sumber daya manusia,  sekaligus memberikan penguatan kepada komponen-komponen masyarakat bidang masing-masing.

Selanjutnya, Fakultas Pertanian Unsrat hadir di Kota Tomohon sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dan akan mendukung peningkatan pertanian khususnya Kelompok Tani Krisan.

“Kita menyadari bahwa eksistensi Petani Krisan di Kota Tomohon adalah salah satu pilar perputaran ekonomi dan pendukung suksesnya pelaksanaan event Tomohon International Flower Festival (TIFF) dari tahun ke tahun,” kata Wakil Walikota Wenny Lumentut.

Lanjut dikatakan, pemerintah berbangga karena peran dari para kelompok tani di Kota Tomohon sudah turut menjaga ketahanan pangan masyarakat. Melalui florikulura telah membawa Kota Tomohon semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Saya mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program dan kegiatan Pemerintah Kota Tomohon dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wennyy mengutip sambutan Walikota Caroll Senduk.

Wawali Wenny mengatakan,” Kita bersyukur diberi tanah yang subur, udara yang sejuk, dan para petani memanfaatkan potensi itu. Saya percaya dengan segala berkat Tuhan atas Kota Tomohon, kita mampu mengembangkan segala potensi, berinovasi dan berdaya saing tinggi untuk ikut dalam perputaran ekonomi.

“Saya berharap, kehadiran Tim Fakultas Pertanian saat ini akan menambah ilmu, memberi semangat, dan motivasi kepada para petani di Kota Tomohon agar dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian dan wawasan pemasaran yang handal,” urainya.

Wenny Lumentut mengaku yakin dengan usaha dan kerja keras akan membuat kita mampu tampil dalam persaingan ekonomi dunia saat ini.

Turut hadir dalam acara, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Ir Dedi Tooy MSI PhD, Ketua Panitia Dies Natalis Fakultas Pertanian Dr Ir Joudy Luntungan MSI.

Hadir juga Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP bersama jajaran, dosen dan pegawai Fakultas Pertanian Unsrat, Kelompok Tani di Kota Tomohon khususnya Petani bunga Krisan.(*jopa)