oleh

Duet Caroll-Wenny Tampil pada Sosialisasi ‘Pembumian Pancasila’ dan Generasi Muda

TOMOHON, mejahijau.com – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesbangpol Kota Tomohon menggelar sosialisasi Pancasila dengan Tema Pembumian Pancasila dan Generasi Milenial, di Welu Cafe n Resto Tomohon, Rabu, 11 Mei 2022.

Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH saat membuka kegiatan mengatakan, Pancasila menjadi pengingat kita di tengah semua situasi dan kondisi. Kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Karena itu, kita kembali merefleksikan nilai-nilai Pancasila pada saat ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan,” tegas Walikota Caroll.

Juga tampil sebagai pemateri, Walikota Caroll mengatakan, sosialisasi ini dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang.

“Selama ini kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan,” tukasnya.

Ia mengatakan, sudah waktunya merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dengan memprioritas konservasi alam.

“Dalam hal ini Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan Bangsa dan Negara kita,” katanya.

Menurut Walikota, kebangkitan dan kemajuan Bangsa kita dari pandemi, ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya dan inilah titik berangkat kita.

“Sebagai pemuda pemudi bahkan para pelajar, mari kita menjadi pendorong dalam memajukan Kota Tomohon dalam berbagai aspek, dan untuk kemajuan Kota Tomohon, serta bangsa Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE yang ikut menyampaikan materi menguraikan, kemerdekaan dalam belajar, berkarya, dan berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, mampu bergotong-royong, mandiri, nalar kritis, dan kreatif.

“Para pelajar Pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan,” tutur Wenny Lumentut SE.

Kepada para pemuda pemudi dimana didalamnya ada para pelajar, Wakil Walikota Wenny meminta tetap tekun belajar, jangan terpengaruh dengan hal-hal yang dapat merusak moral, dan sebagai pelajar dapat menjadi contoh dalam masyarakat dan dapat menjadi harapan bangsa dan negara.

Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi menjelaskan, maksud kegiatan ini adalah menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap tanah air dengan mengimplementasikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara.

“Tujuan kegiatan yakni membina dan membentuk masyarakat Indonesia terlebih khusus masyarakat Kota Tomohon yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, tetampil berdasarkan pengamalan Pancasila dan UUD 1945,” jelas Lumowa.

Peserta kegiatan terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMP bersama para pemuda pemudi di Kota Tomohon.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut, Dr Julien Biringan MSi sebagai Lektor Kepala Fakultas Ilmu Sosial Unima, bersama unsur Pemerintah Kota Tomohon.(*jopa)