Di HUT APEKSI, Walikota Caroll Optimis Kebangkitan Ekonomi Masyarakat

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH  menghadiri rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke- 22 APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang berlangsung pada Kamis – Minggu, 26-29 Mei 2022 di Hotel Novotel Lampung.

Kegiatan diselenggarakan oleh APEKSI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Saat ini APEKSI genap usia ke- 22 tepat pada 25 Mei 2022, dan perayaan HUT APEKSI kali ini bertema ‘’Kebangkitan Ekonomi Melalui Kolaborasi Multi Pihak”.

Acara HUT dilaksanakan dengan berbagai agenda, yakni Syukuran HUT, Seminar Nasional, Expo UMKM, dan ada juga side event atau acara pendamping, yaitu workshop nasional, sepeda santai, kunjungan wisata, dan sentra UMKM.

Acara puncak syukuran APEKSI ke-22, Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Dr H Suhajar Diantoro MSi mewakili Mendagri dalam sambutannya menegaskan, bahwa apa yang terus digaungkan oleh Presiden kaitan dengan budaya kerja pemerintah, intinya berorientasi kepada pelayanan kepada masyarakat.

“Pola relasi antara hubungan Pemerintah dengan rakyat sudah sangat jauh berubah, sehingga hal ini harus mencerminkan bahwa rakyat sesungguhnya adalah di atas dan kita Pemerintah adalah pelayan rakyat,” tegas Suhajar Diantoro.

“Adanya syukuran HUT saat ini semoga dapat memberi motivasi kepada kita semua didalamnya para Walikota untuk terus melaksanakan tanggung jawabnya serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Lanjut dikatakan, pembangunan di daerah sesungguhnya adalah membangun masyarakat menuju masyarakat pembangunan, masyarakat membangun adalah masyarakat mandiri, masyarakat yang mampu mengendalikan masa depannya sendiri.

Akhir sambutan Suhajar Diantoro, ditutup dengan pantun, ‘jadilah pemimpin bersenjatakan kata-kata, pemimpin rakyat menyejukkan hati.

“Terima kasih kepada seluruh walikota dan bupati yang telah bersusah payah memajukan negeri,” ucapnya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus APEKSI Dr H Bima Arya Sugiarto, juga sebagai Walikota Bogor menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini diantaranya untuk mendapatkan pembelajaran dan inspirasi praktis baik Pemerintah Daerah dalam melakukan kolaborasi proses pembangunan, untuk memperkuat peran APEKSI dalam mengangkat profil Asosiasi serta para anggota.

Sementara Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH pada kesempatan itu berharap kedepannya kerja sama lewat asosiasi ini akan terus eksis dalam setiap pengembangan program pembangunan di tiap daerah di dalamnya Pemerintah Kota.

“Melalui momentum ini, dan dengan mengacu pada tema HUT APEKSI saat ini, dalam kolaborasi antar Pemerintah Kota di Indonesia kita yakini bersama dan optimis bahwa proses pemulihan dan kebangkitan dalam berbagai bidang termasuk sektor ekonomi ditiap daerah akan berjalan sesuai harapan,” ucap Walikota Caroll.

Hadir mendampingi Walikota Tomohon pada kegiatan ini, Kabag Prokopim Christo Kalumata SSTP, Kabag Umum Semuel Roeroe SSTP.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *