Vanda Sarundajang Kukuhkan Caroll Senduk Ketua MPC Gerakan Pramuka Kota Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH Bersama Ketua TP-PKK drg Jeand’arc Senduk – Karundeng menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang, pusat Pendidikan dan Latihan Cabang dan Dewan Kerja Cabang yang digelar di Anugerah Hall Tomohon 20 April 2022.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Vanda D Sarundajang SS melantik Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias SH sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon masa bakti 2021-2026.

Walikota Tomohon sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon juga Melantik Pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Tomohon masa bakti 2021-2026.

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan banyak selamat atas dilantiknya Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang, Lembaga Pemeriksa Keuangan, Dewan Kehormatan, Satuan Pengawas internal Kwartir Cabang dan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon masa bakti 2021 – 2026.

“Semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab demi bangsa dan negara indonesia,” ujar Walikota.

“Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk didalamnya peran gerakan pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi. Hal ini pun sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama, hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” tuturnya.

Disamping itu, lanjut Caroll Senduk bahwa tujuan mulia pendidikan kepramukaan adalah untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi moral dan semangat untuk terus berkarya dan berbakti. Untuk itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis dan berkelanjutan.

“Saya berharap dengan adanya pelantikan ini akan memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, sehingga mampu membangkitkan kembali semangat kepramukaan di Kota Tomohon serta mampu mendukung tercapainya visi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yaitu: Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, yang dijabarkan dalam 5 (lima) misi yakni Pertama; Menjaga dan melestarikan tomohon sebagai kota  religius. Kedua; peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. Ketiga; Menjadikan Tomohon sebagai Kota Wisata Dunia. Keempat; Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan. Dan, Kelima; Mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas,” tukasnya.

Menurut Walikota, gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi luhur, sehingga akan mewujudkan pemuda-pemuda yang berjiwa nasionalis.

“Oleh karena itu, melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua, segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik.

Saat ini kita masih dibayangi dengan suasana pandemi covid-19, untuk itu kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, sehingga dapat mencegah penyebaran virus covid-19. marilah kita saling menjaga diri dan peduli dengan kelangsungan hidup bersama, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Sambutan Ketua Kwarda Sulut Vanda Sarundajang langsung mengingatkan kepada kak Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon untuk mendukung program dari Kwartir Cabang. Sebagaimana Undang – Undang pasal 36 tahun 2010 menyatakan bahwa, Pemerintah Daerah menjamin kebebasan berpendapat dan berkarya dalam Pendidikan Kepramukaan dan memfasilitasi penyelenggaraan Pendidikan secara kelanjutan dan berkesinambungan ketersediaan tenaga, dana dan fasilitas yang di perlukan untuk pendidikan kepramukaan.

“Saya memberikan apresiasi sebesar -besarnya kepada Walikota Tomohon yang menaruh perhatian yang besar bagi eksistensi Pramuka yang ada di Kota Tomohon, “Selamat Menjalankan Tugas, “ucap Vanda Sarundajang adalah Anggota Komisi X DPR RI utusan Sulut yang berkiprah selama 3 (Tiga) periode ini.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Tomohon Dra Neltje Rau, para Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka se-Tomohon, Ketua Kwartir ranting Gerakan Pramuka se-Tomohon, Kapusdiklat, kapuslitbang, kapusinfo kwarcab Gerakan Pramuka Tomohon dan pengurus DKC dan DKR Gerakan Pramuka se-Kota Tomohon.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *