Pemprov DKI Jakarta Dorong Laju Kemandirian Pariwisata Kota Tomohon

TOMOHON, mejahijau.com – Terobosan jitu Pemerintah Kota Tomohon dibawah kendali Walikota Caroll J A Senduk SH dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE patut diacungi jempol.

Buktinya, Rabu, 27 April 2022, Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan pariwisata di Kota Tomohon.

Naskah kesepakatan bersama ditandatangani langsung oleh Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH dan Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali.

Penandatanganan MOU digelar di Candi Bentar Convention Hall Kawasan Ancol, turut disaksikan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Kesepakatan bersama ini merupakan langkah awal kolaborasi pengembangan pariwisata oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dengan Pemkot Tomohon yang bertujuan untuk pengembangan pariwisata di Kota Tomohon.

Kehadiran Ancol Group di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon, tentunya akan menambah pengalaman kolaborasi Jakarta dengan pemerintah daerah lainnya.

Pun ruang lingkup kerjasama tersebut antara lain meliputi penyusunan kajian dari segi bisnis, penjajakan bentuk/skema/model kerjasama serta hal lain sehubungan dengan sinergi potensi pengembangan pariwisata di Kota Tomohon.

Pengembangan proyek tourism Kota Tomohon, diperlukan IP Character Lokal sebagai brand wisata Tomohon. Inisiasi ini sedianya menggandeng creative animator sehingga berpotensi menambah lapangan pekerjaan baru.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, dalam sambutannya mengatakan, Pemprov DKI tentu menyambut baik segala upaya untuk menciptakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Dijelaskannya, bentuk kerja sama menjadikan Kota Tomohon sebagai Learning & Knowledge Hub dalam kemasan pariwisata merupakan konsep terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

“Semoga kerjasama yang terjalin ini dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Jakarta dan Kota Tomohon, sehingga berdampak pada pemulihan ekonomi Jakarta, Tomohon, dan secara nasional,” jelas Ahmad Riza Patria.

Kesempatan itu Walikota Caroll JA Senduk mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta atas penandatanganan MoU dalam rangka pengembangan dan peningkatan pariwisata di Kota Tomohon.

Pemkot Tomohon juga mengajak PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Pemprov DKI Jakarta untuk turut serta menghadiri TIFF 2022 yang rencananya dilaksanakan bulan Agustus 2022 mendatang.

“Adanya kerjasama ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan Destinasi Wisata Kota Tomohon sehingga akan berdampak juga pada peningkatan perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan masyarakat umumnya,” kata Caroll.

Turut hadir dalam penandatangan MOU, Wakil Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah Kota Tomohon, Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, unsur BP-BUMD Provinsi DKI Jakarta bersama jajaran PT Pembagunan Jaya Ancol Tbk.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *