Bimtek RKPD 2023, Caroll Senduk Pertegas Arah Kebijakan Pembangunan

TOMOHON, mejahijau.com – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan RKPD (Rencama Kerja Pemerintah Daerah) dan Renja berdasarkan Kemendagri 050 5889 Tahun 2021 dalam aplikasi SIPD.

Kegiatan yang digagas oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon, dilaksanakan di Hotel Luwansa Manado, Kamis 31 Maret 2022.

RKPD adalah rencana kerja pemerintah daerah, menjadi salah satu instrumen evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Melalui evaluasi pelaksanaan RKPD ini dapat diketahui sejauh mana capaian kinerja RPJMD sebagai wujud dari kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah hingga tahun berkenaan.

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan, perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada informasi yang dikelola dalam sistem informasi pembangunan daerah, dan ketentuan dalam Permendagri No 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, bahwa data dan informasi perencanaan pembangunan daerah dikelola secara elektronik.

Adanya hal tersebut, maka Pemerintah Kota Tomohon perlu untuk memperlengkapi Kepala Perangkat Daerah dan SDM perencana secara teknis agar data yang di input dan disajikan melalui aplikasi SIPD nantinya benar-benar berkualitas dan bermanfaat untuk pembangunan daerah, termasuk dalam perencanaan pembangunan Kota Tomohon tahun 2023.

“Adanya SIPD maka proses integrasi, sinergi dan keselarasan antara perencanaan pembangunan dan keuangan daerah semakin baik,” jelas Caroll.

Demikian halnya penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2023 merupakan bagian dalam periode RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026, dimana Pemkot Tomohon telah menetapkan visi misi strategi dan arah kebijakan pembangunan Kota Tomohon.

“Kepada peserta kegiatan diharapkan dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik sehingga dapat bermanfaat kaitannya dalam proses pembangunan daerah yang ada di Kota Tomohon,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu MAP sebagai unsur pelaksana kegiatan menjelaskan, bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman atau keterampilan ASN dalam proses penyusunan Renja/e-Renja Perangkat Daerah Tahun 2023 dalam bentuk bimbingan teknis.

Sedangkan, tujuan kegiatan ini adalah tersedianya Renja Perangkat Daerah di Pemkot Tomohon tahun 2023 di aplikasi SIPD, serta kesesuaian RKPD Kota Tomohon dan Renja Perangkat Daerah dengan Kepmendagri 050 5889 tahun 2021.

Rencana kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari Kamis, Jumat dan Sabtu, tanggal 31 Maret sampai 2 April 2022. dengan menghadirkan narasumber dari unsur Pemerintah Kota Tomohon, unsur Bappeda Provinsi Sulut bersama tim penyusun RKPD Kota Tomohon tahun 2023, dan juga narasumber secara virtual berasal dari unsur Dirjen Bina Bangda Kemendagri, dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Walikota Tomohon Caroll JA Senduk pada kesempatan tersebut hadir didampingi bersama istri tercinta yang juga Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Ikut juga hadir para Assisten Sekda Kota Tomohon dan peserta seluruh Kepala Perangkat Daerah se- Kota Tomohon bersama pejabat atau staf yang membidangi perencanaan setiap Perangkat Daerah.(*jopa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *